GROBOGAN.NEWS Umum Pantura

Wagub Taj Yasin Kunjungi Korban Bencana Putting Beliung di Losari

Wagub Jawa Tengah Taj Yasin mengunjungi warga terdampak bencana angin puting beliung di Desa Dukuhsalam, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Kamis (11/2). Ist

SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengunjungi warga terdampak bencana angin puting beliung di Desa Dukuhsalam, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Kamis (11/2).

Dalam bencana yang terjadi pada hari Rabu (10/2) tidak ada korban jiwa, namun sekitar 40 rumah warga mengalami kerusakan yang sebagian besar terjadi di bagian dinding dan atap.

Dalam kunjunganya, Taj Yasin melihat semangat gotong royong warga sangat luar biasa dalam membenahi rumah yang terdampak bencana itu.

Baca Juga :  Pandemi Covid-19 Belum Usai, Pendaftar Jemaah Haji Asal Batang Alami Penurunan

“Gotong royong warga mantap dan gayeng banget. Saya senang tadi melihat ada beberapa rumah yang masih diperbaiki oleh warga, mereka goyong-royong memperbaiki genting rumah tetangganya yang hilang maupun atap dapur rusak, semua diperbaiki bersama-sama,” ujar Taj Yasin.

Taj Yasin juga mengapresiasi penanganan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Brebes dan Pemerintah Desa, karena dinilai sigap dan cekatan.

Baca Juga :  Penyemprotan Disinfektan Serentak Kembali Digencarkan

Selain itu, Taj Yasin juga menawarkan rumah-rumah warga yang tidak layak huni untuk dilakukan rehabilitasi melalui program pemugaran rumah tidak layak huni (RTLH).

“Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan membantu, termasuk rumah yang dapur dan kamar mandinya rusak,” terang dia.

“Sementara untuk rumah yang tidak layak huni segera masukan program RLTH dengan anggaran Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Jawa Tengah, supaya tempat tinggal warga layak huni,” jelas Taj Yasin.

Baca Juga :  Penyemprotan Disinfektan Serentak Kembali Digencarkan

Sementara itu, warga korban angin puting beliung, Muhammad Kodri mengaku senang rumahnya sudah diperbaiki dan mendapat kunjungan Taj Yasin.

“Tadi Bapak Wakil Gubernur melihat kamar mandi rumah saya yang rusak. Kami berterimakasih dibantu memperbaiki atap rumah kami. Kami berharap semoga bencana alam tidak terjadi lagi,” tutur Kodri. Kahlil