GROBOGAN.NEWS Semarang

Wagub Taj Yasin Beri Apresiasi Khusus Pesawat Aeromodeling Karya Santri Di Kendal

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen saat memberikan penghargaan kepada anak santri Pondok Pesantren Al Mawa Desa Sumbersari Kecamatan Kendal  yang berhasil mencipatakan pesawat aeromodeling. Foto : ist

KENDAL, GROBOGAN.NEWS-Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen memberikan apresiasi khusus terhadap hasil karya pesawat aeromodeling yang diciptakan anak santri dari Pondok Pesantren Al Mawa Desa Sumbersari Kecamatan Kendal .

Taj Yasin meminta para santri untuk nantinya hasil karya pesawat aeromodeling dapat dikembangkan dan diproduksi secara massal, hasil karya tersebut akan dipamerkan untuk mendukung pecinta olahraga tersebut dengan menggunakan produk asli dari anak santri Kendal.

“Saya bangga santri disini bisa menghasilkan karya yang bagus berupa pesawat aeromodeling. Tadi saya meminta bisa tidak untuk produksi banyak,” ungkapnya, Rabu (27/1) siang.

Baca Juga :  Lantik Bupati dan Wali Kota Baru, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Ajak Kepala Daerah Aktif di Sosial Media

Lebih lanjut, Taj Yasin menjelaskan, pasca melihat cara memproduksi pesawat aeromedeling, Wagub merasa bangga jika hasil yang dibuat tidak kalah dengan buatan pabrik.

Untuk menampung hasil karya dari para santri, Pemerintah Propinsi Jawa Tengah telah mempunyai rencana,  kedepan memiliki brand atau eko trend dikalangan pondok pesantren.

Menurut dia, saat ini pemerintah juga telah mulai membentuk koperasi di Ponpes,  dan  menawarkan ke alumni termasuk kalangan pondok pesantren untuk memamerkan produk hasil karya santri sehingga bisa dipasarkan lebih baik.

Baca Juga :  Kondisi Rumah Pompa di Kota Semarang Dipantau Khusus Gubernur

“Seperti karya santri Pponpes Al Mawa ini bisa memacu pecinta olahraga ini menggunakan produk dalam negeri. Saya berharap tahun ini bisa diproduksi dengan jumlah banyak, dan bulan Juli 2021 sudah selesai sehingga nanti di bulan oktober ikut pameran,” jelas Taj Yasin Maemun.

Disisi lain pengasuh pondok pesantren Al Mawa, KH Ahmad Munawar mendukung apa yang dilakukan santri dalam pembuatan pesawat aeromodeling ini.

Baca Juga :  Resmi Dilantik Jadi Wali Kota Semarang, Hendi Paparkan Program Jangka Pendek

“Saya sangat mendukung apa yang dilakukan santri dalam membuat karya yang bagus ini. Harapanya santri bisa berkarya lebih banyak dan pihak ponpes akan mendukung penuh kegiatan santri ini. Untuk pendanaan jika perlu akan saya danai dari uang pribadi,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini Taj Yasin juga melihat pesawat aeromodling ini terbang pada landasan sederhana memanfaatkan jalan desa. Nantinya dengan kegiatan ini santri bisa memiliki bekal ketrampilan lain. Purwanto