GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Waduh, Gara-gara Disimpan di Bawah Kasur, Uang Rp15 Juta Rusak Akibat Dimakan Rayap. Padahal Ingin Dipakai untuk Renovasi Rumah

Tangkapan layar video uang dimakan rayap. Foto: TikTok/chetoss227

KOLAKA, GROBOGAN.NEWS Kejadian yang dialami seorang warga Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara ini selayaknya bisa menjadi pelajaran agar lebih berhati-hati dalam menyimpan uang di rumah.

Seorang netizen bernama Citra Permatasari membagikan pengalaman tantenya, Haya, yang harus merelakan uang simpanannya sebesar Rp15 juta hancur akibat dimakan rayap.

Citra membagikan cerita itu melalui video yang diunggahnya ke TikTok melalui akun miliknya. Ia mengungkapkan video tersebut direkam pada 3 Januari lalu di teras rumahnya, di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Dalam video itu diperlihatkan bagaimana setumpuk uang yang disimpan di dalam kantong plastik hitam dan dibungkus kertas karton telah rusak hingga menjadi potongan-potongan kecil dan tidak lengkap.

Baca Juga :  Rencana Luhut Produksi Laptop Merah Putih Dikritik Susi Pudjiastuti. Mendingan Uangnya untuk BLT Rakyat

Terlihat pula seorang wanita berkerudung yang seperti menangisi lembaran-lembaran uang yang rusak tersebut. Uang tersebut ternyata sudah lebih dari satu tahun disimpan di bawah kasur.

“Jumlahnya Rp15 juta yang terdiri dari pecahan uang Rp100 ribu dan Rp50 ribu. Sudah disimpan selama satu tahun lebih dua bulan,” katanya seperti dikutip Tribunnews, Kamis (7/1/2021).

Citra melanjutkan, uang tersebut awalnya disimpan untuk biaya renovasi rumah. Ada alasan tersendiri mengapa tantenya memilih menyimpan uang belasan juta tersebut di rumah dan bukan di bank, yakni lantaran tempat tinggalnya yang jauh dari bank.

“Alasannya karena di kampung jauh dari bank. Jarak dari rumah ke bank terdekat bisa 4-5 jam perjalanan memakai sepeda motor,” ujar Citra.

Baca Juga :  Bersama Perpanjangan PPKM Level 4, Pemerintah Bakal Menambah Bantuan Sosial

Citra mengaku dirinya dan tantenya tinggal di Kecamatan Iwoimendaa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Dibawa ke Kantor BI

Citra menceritakan, setelah tahu uangnya rusak dimakan rayap, tantenya sudah mencoba membawa potongan uang yang tersisa ke kantor Bank Indonesia di Kendari dengan maksud menukarkannya.

Namun oleh pihak bank, uang yang rusak tersebut yan masih bisa diganti hanya Rp900 ribu. Sedangkan sisanya tidak bisa diganti karena sudah tidak terlalu rusak.

Mengenai video yang diunggah di TikTok dan menjadi viral, Citra mengaku awalnya hanya ingin berbagi pengalaman agar bisa menjadi pelajaran bagi semua orang.

Baca Juga :  Kasus Obat Invermectin, ICW Endus Adanya Indikasi Keruk Keuntungan di Masa Pandemi Covid-19

“Cuma saya share untuk jadi pelajaran saja. Diambil positifnya. Semoga tidak terjadi hal seperti yang dialami tante saya,” tukasnya.

Hingga Jumat (8/1/2021) video milik Citra di akun TikTok @chetoss227 itu sudah ditonton lebih dari 3,6 juta kali dan mendapat lebih dari 174 ribu suka, serta lebih dari 16 ribu komentar netizen.

@cheetoss227

Di ambil pelajaran yaa teman teman , uang total 15 juta di makan rayap akibat simpan di bawah kasur selama 3thn lbh lamanya 🙂 #fypdongggggggg #fypシ

♬ Hati Yang Kau Sakiti – Rossa

www.tribunnews.com