GROBOGAN.NEWS Grobogan

Tersambar Petir, Satu Rumah Di Sembungharjo Pulokulon Rusak, Beruntung Percikan Api Dapat Dipadamkan

Petugas Babinsa dan Bhabinkamtimnas Desa Sembungharjo gabungan tengah melakukan pengecekan di rumah warga di Desa Sembungharjo, Kecamatan Pulokulon, Grobogan rusak karena tersambar petir. Peristiwa ini terjadi pada Senin (18/1/2021) malam sekira pukul 22.00 WIB. Ist

PULOKULON, GROBOGAN.NEWS-Satu rumah warga di Desa Sembungharjo, Kecamatan Pulokulon, Grobogan rusak karena tersambar petir. Peristiwa ini terjadi pada Senin (18/1/2021) malam sekira pukul 22.00 WIB.

Data yang dihimpun, peristiwa ini bermula saat turun hujan lebat disertai petir, secara tiba-tiba pada titik rangkaian aliran listrik timbul percikan api.

Beruntung percikan api tersebut bisa dipadamkan dengan peralatan seadanya serta guyuran hujan lebat. Sehingga rumah korban milik Darmiji, 48, hanya mengalami kerusakan pada titik aliran listrik hingga menjalar kea tap rumah.

Menurut keterangan Darmiji, saat turun hujan deras pada Senin malam, secara tidak terduga muncul percikan api dari saklar listrik. Percikan api tersebut menjalar ke atap kamar rumahnya.

Melihat kondisi tersebut pihaknya langsung berterikan minta tolong sambil memadamkan api dengan peralatan seadanya.

“Saya langsung teriak minta tolong, berusaha sekuat tenaga memadamkan percikan api tersebut. Beruntung air hujan membantu pemadaman api dan tidak menjalar ke bagian lainnya.

Sementara itu, Kapolsek Panunggalan, Iptu I Ketut Sudhiarta saat dikonfirmasi wartawan membenarkan terjadinya peristiwa ini.

Kapolsek menyebut kejadian berawal korban yang bernama Darmiji ini melihat percikan api yang menjalar di atap kamarnya.

“Korban berteriak minta tolong. Namun, api berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa, hanya kerusakan di bagian atap rumah kamar milik korban,” jelas dia.

“Kejadiannya saat hujan deras disertai petir yang cukup keras sedang terjadi di wilayah Kecamatan Pulokulon,” sambung dia.

Atas kejadian tersebut Iptu I Ketut Sudhiarta  mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati saat hujan petir terjadi, agar menggunakan listrik secara bijak.

“Saat hujan turun disertai petir ada beberapa hal yang harus diwaspadai, seperti penggunaan alat-alat listrik atau waspadai genangan air di tempat terbuka saat hujan petir terjadi. Dengan demikian, insiden akibat tersambar petir ini dapat dicegah sejak dini,” imbuh dia. Arya