GROBOGAN.NEWS Umum Pantura

Pendirian UPT Metrologi di KIT Batang untuk Bangun Kepercayaan Konsumen

Bupati Batang Wihaji. Ist

BATANG, GROBOGAN.NEWS-Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang  yang sudah diputuskan Presiden Joko Widodo menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Sehingga segala pembangunan infrastrukturnya dibiayai oleh Pemerintah pusat.

Guna menyosongsong di KIT Batang, kementerian perdagangan juga berencana membangun gedung unit pelayanan terpadu metrologi legal.

Direktur Metrologi Kementerian Perdagangan, Rusmini mengatakan,  respon Pemerintah Kabupaten Batang sangat luar biasa membangun kepercayaan terhadap konsumen melalui tertib ukur atau metrologi.

“Oleh karena itu, untuk mendukung KITB, tahun 2022 akan dibantu melalui dana alokasi khusus unuk pembangunan UPT Metrologi legal,” katanya saat ditemui  di ruang Command Center Diskominfo, Kabupaten Batang, kemarin.

Sebetulnya bantuan Dana Alokasi Khusu (DAK) tersebut di tahun 2020, tapi karena ada pandemi Covid-19 anggarannya ikut di rekofusing  pandemi Covid-19.

Dijelaskan pula, selama ini bidang metrologi terkesan terpecah-pecah yaitu legal, industri dan ilmiah.

“Dengan kami bertemu Bupati Batang, maka untuk persiapkan kedepan kita lebih fokus dulu di UPT metrologi legal yang digarap,” katanya

Dengan berdirinya UPT metrologi legal di Batang, nantinya Pemkab Batang menjadi daerah yang tertib ukur, yang berdampak pada memunculkan kepercayaan masyarakat.

“Tertib ukur sangat berdampak pada meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Pemkab Batang, dan suka tidak suka investasi akan baik dan kesejahteraan masyarakat akan bertambah,” jelasnya.

Kementerian perdagangan juga memberikan dukungan ke Pemkab Batang melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) juru tera.

“Untuk peningkatan SDM, juru tera Pemkab Batang kita latih dan bantu saran peralatanya,” ungkapnya. Frieda