GROBOGAN.NEWS Kudus

Penasaran Dengan Mal Pelayanan Publik Pemkab Jepara, Pasti Langsung Menemukan Produk Unggulan Kota Ukir

Ilustrasi Bupati Jepara Dian Kristiandi dalam kegiatan konsultasi publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Jepara 2022 dan musyawarah perencanaan pembangunan 2021 di Gedung Shima kompleks kantor Sekda Jepara, Kamis (28/1) lalu. Ist

JEPARA, GROBOGAN.NEWS-Pengunjung akan temukan produk kerajinan khas Jepara jika masuk mal pelayanan publik (MPP).

Pasalnya, di bagian tengah MPP Jepara bakal menghadirkan mal kerajinan, yakni pusat promosi produk unggulan.

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kabupaten Jepara Aris Setiawan menyampaikan, mal kerajinan tersebut merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah dalam memperkenalkan kepada khalayak tentang berbagai produk unggulan Jepara. Sehingga, dapat dikenal secara luas.

“Karena banyak investor dari berbagai daerah yang hadir di sana, jadi ini termasuk wajah kita juga,” terangnya, kemarin.

Disampaikan, untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya turut menggandeng berbagai pihak, baik perangkat daerah terakait, swasta, dan perbankan.

Khususnya, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Jepara, sebagai pendorong tercetusnya pusat promosi tersebut.

“Ibu Ketua Dekranasda punya gagasan seandainya ini bisa diwujudkan di MPP akan lebih bagus,” ujarnya.

Nantinya, lanjut Aris, fasilitas baru ini sekaligus sebagai ruang pamer atau showroom baru Dekranasda. Sebab, letak gerai yang lama kurang strategis, berada di sisi selatan Pendapa.

Luas bangunan dan aksesnya pun sempit, sehingga tidak sepadan dengan produk unggulan Jepara yang beraneka ragam.

Ketua Dekranasda Jepara Hesti Nugroho berharap, semua pihak agar bisa saling bekerja sama. Utamanya dalam mewujudkan mal kerajinan.

Dengan adanya kerja sama ini, para perajin bisa meningkatkan hasil produknya untuk dipasarkan.

“Akan sayang sekali jika tempat yang sudah diberikan Pak Bupati ini belum bisa kita wujudkan,” kata dia.

Bukan hanya itu saja, lanjut Hesti, pada tahun ini, Dekranasda Jepara juga akan mengembangkan sistem pendukung usaha bagi anggotanya.

Kemudian, peningkatan kualitas SDM pelaku usaha, hingga pengembangan promosi kerajinan. Nor Ahmad