GROBOGAN.NEWS Blora

Pemkab Blora Lakukan Uji Coba Paket Wisata

Ilustrasi Petugas pengelola di kawasan wisata melaksanakan penerapan SOP protokol terhadap para pengunjung. Ist  

BLORA, GROBOGAN.NEWS-Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) menyelenggarakan kegiatan pendampingan dalam rangka peningkatan kapasitas pengelolaan dan pengembangan desa wisata di kabupaten Blora.

Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora H. Slamet Pamuji, SH, M.Hum melalui Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Wahyu Tri Mulyani, AP menyampaikan setelah sebelumnya melakukan pembinaan dan pendampingan dengan menggandeng Desa Wisata Institute dari Yogyakarta, kini dilaksanakan tahapan akhir yaitu Test Tour atau Uji Coba Paket Wisata.

“Test Tour atau Uji Coba Paket Wisata dilaksanakan Sabtu (9/1/2021) hingga Minggu (10/1/2021) mulai pukul 07.00 WIB. Test Tour dilaksanakan di dua destinasi wisata, yakni Kampung pelangi Desa Bangsri Kecamatan Jepon kemudian dilanjutkan di kawasan Bukit Kunci Desa Bangowan Kecamatan Jiken,” terangnya.

Baca Juga :  550 Calon PNS Blora Terima SK Dari Bupati Koko

Peserta test tour diikuti perwakilan Organisasi Perangkat Daerah terkait, Duta Wisata dan Tim Pendampingan Desa Wisata Institute dari Yogyakarta serta sejumlah awak media.

“Tujuannya ingin mempromosikan destinasi wisata Blora. Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” tambahnya.

Setiba di Kampung Pelangi, paket wisata pun digelar. Seorang pemandu wisata Kampung Pelangi Desa Bangsri mengawali dengan ucapan selamat datang, kemudian memimpin doa kepada rombongan wisata dilanjutkan kunjungan ke lokasi.

Memasuki gapura Kampung Pelangi, wisatawan diwajibkan cuci tangan terlebih dahulu pakai sabun di tempat yang telah disediakan. Setelah itu diukur suhu tubuh.

Sejumlah penari remaja yang tergabung dalam Srikandi Kampung Pelangi menyambut wisatawan dengan tarian kreasi penyambutan dengan gemulai.

Baca Juga :  Sosialisasi Disiplin Protokol Kesehatan Sasar Peternak Ikan Lele

Sajian minuman khas dan kuliner tradisional seperti kopi, tiwul dan getuk serta makanan tradisional lainnya disuguhkan kepada para wisatawan yang berkunjung sambil dikenalkan oleh pemandu wisata terkait keberadaan Kampung Pelangi Desa Bangsri.

Yang menjadi pemantik wisatawan yakni adanya aneka wahana swafoto dan digelarnya pertunjukan seni barongan dengan aneka atraksi seperti kuda kepang dan bujang ganong yang ditampilkan oleh kelompok seni barongan remaja desa setempat.

Sementara itu para petugas dan pengelola wisata Kampung Pelangi berseragam mengenakan baju batik dan blangkon.

Mengakhiri paket kunjungan di Kampung Pelangi, rombongan wisatawan diajak berkunjung ke perajin celengan (wadah uang untuk menabung yang terbuat dari tanah liat). Asiknya, mereka diminta naik sepeda ontel.

Baca Juga :  Arief Rohman Kumandangkan “Sesarengan Mbangun Blora”

Di tempat perajin itu para wisatawan ikut mewarnai celengan dengan berbagai kreasi warna.

Acara pun berlanjut ke Desa Bangowan Kecamatan Jiken, rombongan wisatwan itu bermalam di sana sambil menikmati pesona alam bukit Kunci dan kehidupan sosial warga masyarakat khusunya dalam mendukung potensi wisata berbasis kearifan lokal di masa pandemi.