GROBOGAN.NEWS Umum Magelang

Meski Dihantam Pandemi Covid-19, Pendapatan Pajak Sektor Minerba Capai  105 Persen dari Target

Ilistrasi : Bupati Magelang Zaenal Arifin saat memimpin Rapat Koordinasi 10 Sektor Kesiapan Status Siaga Merapi, kemarin. Foto : Istimewa

MAGELANG, GROBOGAN.NEWS-Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengapresiasi kesuksesan proses pemungutan pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) di Kabupaten Magelang.

Meski di tengah pandemi Covid-19, pemungutan pajak MBLB di wilayah Kabupaten Magelang tahun 2020 melampaui target.

Target pajak MBLB Kabupaten Magelang di tahun 2020 sebesar Rp8.965.228.505. Namun, realisasinya per 28 Desember 2020 sebesar Rp 9.479.140.850 atau mencapai 105,73 Persen.

“Saya mengapresiasi proses pemungutan pajak MBLB di Kabupaten Magelang yang mampu mengoptimalkan tingkat kesadaran wajib pajak (WP) dalam membayar pajak MBLB melalui pendekatan humanis kepada para kru armada pengangkut minerba (mineral dan batubara), sehingga mampu melampaui target mencapai 105,73 persen,” ungkap Zaenal pada acara penarikan undian kupon doorprize pajak MBLB Tahun 2020 dari Rumah Dinas Bupati Magelang, Rabu (30/12/2020).

Baca Juga :  Musibah Tanah Longsor Di Prampelan Kaliangkrik Akibatkan Dua Rumah Rusak Berat, 4 Korban Alami Luka-luka

Menurutnya, keberhasilan dalam mengoptimalkan pemungutan pajak MBLB ini tidak terlepas dari upaya Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Magelang melalui sistem dan prosedur sederhana yang memudahkan pembayaran pajak, serta memberlakukan sanksi kepada para wajib pajak yang tidak taat.

“Selanjutnya upaya ekstensifikasi pajak dengan sosialisasi dan penyuluhan, pembentukan tim pemeriksa, serta pengembangan terhadap sistem informasi online pajak daerah dimana BPPKAD Kabupaten Magelang bekerjasama dengan Bank Jateng cabang Magelang, sehingga masyarakat bisa lebih mudah dalam mendapatkan informasi mengenai pajak serta lebih mudah dalam membayar pajak,” katanya.

Baca Juga :  Musibah Tanah Longsor Di Prampelan Kaliangkrik Akibatkan Dua Rumah Rusak Berat, 4 Korban Alami Luka-luka

Kepala BPPKAD Kabupaten Magelang, Siti Zumaroh dalam laporannya menjelaskan, penyelenggaraan pengundian kupon doorprize ‘Saya Bangga Tertib Bayar Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan’ bertujuan untuk mengoptimalkan kesadaran wajib pajak dalam membayar pajak MBLB melalui pendekatan secara humanis kepada wajib pajak dan pengangkut minerba di wilayah Kabupaten Magelang.

“Kemudian untuk memberikan penghargaan kepada para wajib pajak dan kru armada yang tertib membayar pajak MBLB,” jelas Siti Zumaroh.

Baca Juga :  Musibah Tanah Longsor Di Prampelan Kaliangkrik Akibatkan Dua Rumah Rusak Berat, 4 Korban Alami Luka-luka

Peserta undian kupon doorprize ‘Saya Bangga Tertib Bayar Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan’ adalah para supir atau kru armada pengangkut minerba yang melakukan pembayaran pajak MBLB secara tunai di pos pemungutan pajak. Mereka juga harus membawa surat keterangan yang dikeluarkan oleh BPPKAD Kabupaten Magelang kepada pengusaha/penambang berizin.

“Hadiahnya berupa sepeda motor 1 buah (grand prize), sepeda gunung 2 buah, televisi 2 buah, mini compo 3 buah, lemari es 2 buah, kipas angin 3 buah,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Min Alfi dari Desa Mendut, Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang mendapatkan grand prize 1 unit sepeda motor. F Lusi