GROBOGAN.NEWS Semarang

Gubernur Ganjar Tinjau Persiapan Vaksinasi Covid-19 di Ungaran

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di dua fasilitas kesehatan di Ungaran, Rabu (13/1/2021) siang. Istimewa

SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di dua fasilitas kesehatan di Ungaran, Rabu (13/1/2021) siang.

Di RSUD Gondo Suwarno Ungaran, Ganjar yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo melihat langsung almari penyimpanan vaksin Sinovac yang akan disuntikkan ke warga penerima.

Selain itu juga ditanyakan kesiapan para vaksinator untuk melakukan tugasnya kepada Kepala Dinkes Kabupaten Semarang dr Ani Raharjo.

Usai peninjauan di RSUD Ungaran, Gubernur yang juga didampingi Wakil Bupati Semarang H Ngesti Nugraha dan Kapolres AKBP Ari Wibowo menyambangi Puskesmas Ungaran di Jl Ahmad Yani Ungaran.

Baca Juga :  Kecelakaan Maut Jalur Bawen-Semarang, Diduga Alami Permasalahan Pengereman Truk Tronton Hantam Dump Truk Pengangkut Sampah, Tiga Penumpang Tewas setelah Jalani Perawatan Medis

Di sana, Gubernur mendapat penjelasan tentang alur pelaksanaan vaksinasi. Mulai dari meja pendaftaran, tempat cek kesehatan dan ruangan vaksinasi serta KIPI tak luput dari perhatiannya.

“Persiapan sudah bagus meliputi urutan pelaksanaannya.  Termasuk kalau ada reaksi setelah seseorang mendapatkan vaksin. Mereka sudah banyak pengalaman imunisasi sehingga Insya Allah tidak terlalu merepotkan,” kata Ganjar kepada para wartawan usai peninjauan.

Ganjar juga menyebut sudah disiapkan keterlibatan tokoh agama dan masyarakat untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi mulai besok.

Di level provinsi, lanjutnya, Gubernur dan Forkompimda serta perwakilan profesi sudah siap untuk menjalani vaksinasi.

Baca Juga :  Kepala Sekolah Harus Bisa Berkreasi dan Temukan Terobosan Baru

Hal itu sebagai langkah memberikan semangat kepada warga agar tidak ragu mengikutinya. Dia juga meminta Wakil Bupati Semarang untuk melakukan tindakan panutan vaksinasi oleh Forkompimda.

Sementara itu Wakil Bupati Semarang H Ngesti Nugraha mengatakan Pemkab Semarang telah menerima 8.000 dosis vaksin Sinovac.

“Sasaran pertama vaksinasi adalah tenaga kesehatan. Kita akan melibatkan tokoh agama dan masyarakat untuk mensukseskan program vaksinasi ini,” ujarnya.

Sementara itu Direktur RSUD Gunawan Mangunkusumo Ambarawa dr Choirul Anwar menegaskan pihaknya juga siap melaksanakan program vaksinasi.

“Ada sebelas petugas medis yang kita siapkan termasuk satu orang dokter spesialis penyakit dalam. Selain itu juga dua orang dokter umum, perawat dan bidan,” terangnya.

Baca Juga :  Wali Kota Hendi : Vaksin Covid-19 Dijamin Aman dan Halal

Pelayanan vaksinasi di RSUD Ambarawa dilakukan seminggu tiga kali pada hari Selasa, Rabu dan Sabtu mulai pukul 08.00 WIB. P Yoga I Ris