GROBOGAN.NEWS Blora

Distribusi Vaksin Sinovac ke Blora Ditunda Hingga Februari, Di Jateng Sementara 3 Daerah

Ilustrasi Vaksin Sinovac

BLORA, GROBOGAN.NEWS-Kedatangan vaksin COVID -19 (sinovac) ke Blora yang dijadwalkan datang hari ini Rabu (13/1/2021) ternyata ditunda Februari 2021.

Pejabat Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dr. Henny Indriyanti menyampaikan vaksin baru akan terdistribusikan ke Blora pada Februari 2021 sekaligus pelaksanaan vaksinasi.

‘’Belum jadi,  dari webinar kemarin, ternyata baru di tiga kabupaten dulu, Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kota Surakarta,’’ jelasnya, di Blora, Selasa (12/1/2021).

Selain ketiga kabupaten tersebut lanjutnya, semuanya dijadwalkan datang pada Februari. Saat vaksin nanti datang, itu sekaligus dimulai vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan.

Menurutnya, hingga adanya penundaan ini ada beberapa kemungkinan.

Baca Juga :  Tegakan Perda No.1 Tahun 2019, Pelayanan Kesehatan di Pasar Hewan Digencarkan

‘’Takutnya soal tempat penyimpanan dan keamanan rantai dingin vaksin,’’ ucapnya.

Untuk jenis vaksin pertama yang datang ini lanjutnya, adalah vaksin sinovac dari Cina.

Karena memang diawal ini sinovac semua. Untuk jumlah vaksin yang akan didatangkan 3.500 vaksin.

Sementara itu Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Gudang Farmasi Kabupaten Blora telah siap menyimpan vaksin COVID-19 yang didistribusikan dari pemerintah provinsi Jawa Tengah.

Sebanyak sebelas unit Cold chain terdiri dari lemari es dan freezer untuk menyimpan vaksin COVID-19 dalam kondisi normal dan aman di gudang setempat.

“Insaallah Cold chain semuanya siap,” ucap Asih Solichati, salah seorang petugas gudang farmasi Blora.

Baca Juga :  Sinergitas Jaga Kondusifitas Daerah Terus Diperkuat

Sebelumnya, Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dr. Henny Indriyanti, mengemukakan vaksin COVID-19 sudah berada di Provinsi Jawa Tengah, dan siap didistribusikan ke Kabupaten Blora rencananya 13 Januari 2021.

“Hanya saja, untuk di kabupaten Blora akan dilaksanaan vaksinasi COVID-19 pada awal Februari 2021 Sedangkan vaksin nantinya akan disimpan di gudang Farmasi Blora,” ungkapnya dalam rapat koordinasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19, Senin (11/1/2020) kemarin.

Dalam rakor itu, Bupati Blora Djoko Nugroho mengatakan siap untuk di suntik vaksin COVID-19 dan meminta warga masyarakat tidak ragu vaksinasi COVID-19.

“Meskipun vaksinasi COVID-19 di Blora dilaksanakan bulan Februari 2020. Namun pada tanggal 13 Januari 2021 nanti, harus ada kick off,  satu atau tiga orang disuntik vaksin, untuk membuktikan kepada rakyat bahwa vaksin aman, nanti saya siap disuntik vaksin,” kata Bupati Blora. Ahmad I Ris