GROBOGAN.NEWS Semarang

Delapan Ribu Vaksin Sinovac Tiba di Ungaran Disimpan di Gudang Dinkes

Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha saat mengawal distribusi sebanyak delapan ribu dosis vaksin Sinovac tiba di gudang penyimpanan vaksin Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Semarang, Selasa (12/1/2021). Ist

UNGARAN, GROBOGAN.NEWS-Dengan dikawal kendaraan taktis Baraccuda milik Polri dan tiga orang personel polisi bersenjata laras panjang, sebanyak delapan ribu dosis vaksin Sinovac tiba di gudang penyimpanan vaksin Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Semarang, Selasa (12/1/2021).

Kepala Dinkes dr Ani Raharjo MPPM menjelaskan, pengiriman vaksin Covid-19 tahap pertama itu rencananya akan disuntikkan ke 4.575 orang tenaga kesehatan (nakes).

Setiap nakes akan menerima dua dosis atau dua kali suntikan. Jadi dibutuhkan sebanyak 9.150 dosis untuk vaksinasi seluruh nakes.

“Memang masih ada kekurangan sekitar seribu dosis lebih. Mudah-mudahan nanti segera disusulkan kekurangannya,” terangnya.

Terkait waktu pelaksanaan vaksinasi, Ani mengatakan, masih menunggu perintah dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah.

Dia juga memastikan, penyimpanan vaksin di gudang Dinkes sudah sesuai dengan standar WHO, yakni disimpan dalam tempat penyimpanan bersuhu dua hingga delapan derajat celcius.

Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengharapkan, kedatangan vaksin Sinovac dapat mempercepat upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“Selain vaksinasi, masyarakat juga kita imbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya saat melihat langsung proses pemindahan tempat penyimpanan vaksin ke gudang Dinkes yang telah disiapkan.

Kapolres Semarang AKBP Ari Wibowo mengatakan, pihaknya akan melakukan pengamanan vaksin Sinovac itu selama 24 jam.

“Ada dua anggota yang stand by di sini setiap hari,” terangnya.

Selain pengamanan stasioner, lanjutnya, juga dilakukan patroli oleh personel polisi di sekitar lokasi penyimpanan vaksin. P Yoga