GROBOGAN.NEWS Umum Magelang

Central Tanaman Hias di Bojong, Candimulyo Resmi Dibuka

Grand opening Central Tanaman Hias, Bojong Berkembang di Dusun Bojong Desa Giyanti Candimulyo digelar pada Minggu (17/1/2021). Seluruh panitia dan pengunjung menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Ist

MAGELANG, GROBOGAN.NEWS-Grand opening Central Tanaman Hias Bojong Berkembang di Dusun Bojong, Desa Giyanti, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang digelar Minggu (17/1/2021).

Dalam pelaksanaannya, panitia memberlakukan disiplin protokol kesehatan secara ketat.

Ketua Panitia kegiatan tersebut, Baihaki, mengatakan, Central Tanaman Hias Bojong Berkembang dibuat untuk memfasilitasi warga setempat yang membudidayakan tanaman hias agar lebih mudah menjual produknya.

“Ada sekitar 85 persen penduduk sini yang berbudi daya tanaman hias. Dimana sebelumnya mereka hanya berjualan di rumah-rumah, sehingga menyebar dan tidak terpusat,” terang dia.

“Oleh karenanya dengan adanya Central Tanaman Hias, Bojong Berkembang ini dapat memusatkan penjualan hasil budi daya tanaman hias milik warga. Dan dinaungi oleh Kelompok Wira Usaha Desa, Bojong Berkembang,” terang Baihaki.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari Sabtu (16/1/2021) dan Minggu (17/1/2021). Dengan kegiatan pameran tanaman hias, peresmian Central Tanaman Hias, Bojong Berkembang dan lelang tanaman hias.

“Hasil lelang sebagian akan didonasikan kepada korban bencana alam, termasuk gempa di Sulawesi Barat,” papar Baihaki.

Terdapat 36 lapak di lokasi tersebut yang sebelumnya adalah tanah bengkok sawah milik Desa Giyanti yang kurang produktif karena merupakan sawah tadah hujan.

“Warga di sini sudah memulai budi daya tanaman hias sejak tahun 1989 sebagai pelopor tanaman hias. Sehingga menjadi pusat tanaman hias di Magelang.

Dan mulai berkembang lagi pada tahun 2019 hingga sekarang awalnya hanya 60 persen warga saja, karena pamor tanaman hias naik lagi warga pembudi daya tanaman hias naik menjadi 85 persen,” ungkap Kepala Desa Giyanti Heru Kurniawan.Ris I F Lusi