GROBOGAN.NEWS Umum Netizen

Beredar Foto Baliho Nasi Goreng ala SBY di Twitter, Pengunggah Ternyata Politikus Demokrat Andi Arief. Sebut Ekonomi Makin Berat

Foto baliho bertuliskan Nasi Goreng ala SBY yang beredar di Twitter. Foto:Twitter/Andiarief_

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS Di media sosial beredar sebuah foto yang memperlihatkan baliho bertuliskan ‘Nasi Goreng ala SBY’. Pada baliho tersebut terpampang gambar Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sedang memasak bersama almarhumah Ani Yudhoyono.

Foto tersebut ternyata diunggah oleh politikus Partai Demokrat, Andi Arief, di akun media sosial Twitter miliknya, @Andiarief_, pada Sabtu (23/1/2021) malam lalu.

Dalam foto tersebut terlihat jelas baliho berukuran besar dengan gambar SBY dan almarhumah Ani Yudhoyono, serta di dekatnya ada delapan orang yang berdiri sambil mengacungkan jempol. Juga tampak SBY yang mengenakan sweater kuning berdiri di samping meja dan penggorengan.

Sementara pada unggahannya, Andi Arief menuliskan kalimat, “Ekonomi makin berat, jual nasi goreng jadi opsi”. Sontak banyak netizen yang mengira SBY tengah berjualan nasi goreng.

Hingga Senin (25/1/2021), twit Andi Arief tersebut telah disukai oleh lebih dari 2.000 orang, dibagikan ulang 498 kali dan mendapat 751 komentar.

Di antara komentar netizen, banyak yang terkesan menyerang sosok SBY. Salah satunya ada yang menyebutnya pencitraan.

“Ternyata mutu pencitraan seorang mantan presiden dan seorang mantan ketua partai besar hanya sebatas nasi goreng. Kelihatan kualitas pemikirannya dari tindakannya. Harusnya seorang yang hebat seperti Pak SBY ini bisalah kasih contoh hal besar untuk generasi sekarang agar diingat. Ini?” tulis salah seorang netizen.

Ada juga netizen yang mengingatkan bahwa foto tersebut berpotensi mengundang bully dari netizen. Namun Andi Arief merespon bahwa aksi pembullyan sudah biasa terjadi dan pasti berlalu.

“Sudah biasa dibully, kita hadapi aja. Bully pasti berlalu,” jawabnya.

sby nasi goreng
Tangkapan layar unggahan baliho Nasi Goreng ala SBY. Foto: Twitter

Lantas benarkah kini SBY berjualan nasi goreng?

Wakil Sekjen Partai Demokrat, Renanda Bachtar mencoba menjelaskan foto yang diambil pada Sabtu (24/1/2021) malam di kediaman SBY di Puri Cikeas itu.

Menurut Renanda, baliho SBY “berjualan” nasi goreng yang tampak dalam foto tersebut hanya sekadar candaan yang dibuat oleh salah seorang teman SBY.

“Baliho bertuliskan Nasi Goreng ala SBY berlatar foto SBY dan Ibu Ani itu dibuat oleh salah satu anggota Dewan Pembina LavAni, kebetulan pengusaha billboard. Saya kira itu hanya untuk seru-seruan saja. Untuk benar-benar membuat usaha nasi goreng saat ini belum terpikirkan oleh Pak SBY,” jawabnya seperti dikutip TribunBanten.com.

Dalam foto tersebut, SBY memang memasak nasi goreng yang kemudian disantap bersama dengan para staf, rekan-rekan dari Partai Demokrat, serta anggota tim voli LavAni yang diasuhnya.

Selain Renanda, yang hadir pada acara malam itu di antaranya Andi Mallarangeng, Andi Arief, sepupu SBY Sartono Hutomo, Kepala BPOKK Herman Khaeron, anggota DPR RI yang juga tetangga depan rumah SBY Anton Surato, serta pengurus LavAni Eka Putra.

“Belakangan ini, karena Pak SBY banyak waktu luang, beliau cukup sering membuat nasi goreng kesukaannya ini di Cikeas untuk para staf dan anggota tim voli LavAni yang diasuhnya,” terang Renanda.

Renanda bercerita, SBY memang hobi memasak, dan salah satu menu favoritnya adalah nasi goreng. Bahkan, nasi goreng buatan SBY cukup disukai banyak orang karena rasanya lezat dan racikan bumbunya pas.

Renanda pun beberapa kali melihat langsung SBY memasak nasi goreng dan memang menurutnya rasanya lezat. “Tidak terlalu berminyak, racikan bumbunya gurih dan enak tanpa menggunakan penyedap rasa buatan dan pedasnya juga pas,” ujarnya.

www.tribunnews.com