GROBOGAN.NEWS Solo

Banjir Kali Cemoro Sragen Rendam Rumah-rumah Warga, Ini Daftar Para Korban

Banjir Sungai Cemoro di Sragen / foto: wardoyo
IMG 20210105 235438
Banjir Sungai Cemoro di Sragen / foto: wardoyo

SRAGEN, GROBOGAN.NEWS – Banjir bandang akibat luapan Kali Cemoro di wilayah Kalijambe, Sragen Selasa (5/1/2021), setidaknya merendam enam rumah warga di Dukuh Bapang RT 4, Desa Bukuran.

Ketinggian air sempat menyentuh 70 sentimeter sehingga warga terpaksa harus mengungsi ke tempat aman. Sebagian hewan ternak juga diungsikan untuk diselamatkan dari terjangan banjir.

Kasatlak BPBD Sragen, Sugeng Priyono menyampaikan banjir menerjang sekitar pukul 17.00 WIB bersamaan dengan hujan deras yang mengguyur sejak siang tadi.

Hasil pengecekan di lokasi, ada enam KK yang terdampak dan rumahnya terendam air. Ketinggian air paling rendah 50 sentimeter. Dari enam KK, ada 18 jiwa penghuni yang terdampak.

Baca Juga :  PPKM Level 4 di Sukoharjo Belum Berdampak Signifikan, Kasus Positif Covid-19 dan Kasus Meninggal Masih Terus Bertambah

“Banjir dipicu hujan deras sejak pukul 14.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB sehingga memicu debit Kali Cemoro meluap. Ada 18 jiwa dari 6 KK yang rumahnya tergenang,” paparnya Selasa (5/1/2021).

Baca Juga :  Makin Moncer, Pasar Bahulak Special Tahun Baru 2021 Jadi Buruan Warga Sragen. Pengunjung Membeludak, Transaksi Langsung Meroket Tembus Rp 47 Juta

Sugeng menguraikan setelah menerima laporan, tim reaksi cepat (TRC) langsung diterjunkan menuju lokasi untuk melakukan assesment.

Menurutnya genangan mulai surut sekitar pukul 21.00 WIB dan kemudian tim bersama Muspika dan Pemdes membantu warga melakukan pembersihan lumpur.

Kades Bukuran, Heriyanto menyampaikan memang ada enam KK di Dukuh Bapang RT 4 yang rumahnya sempat terendam. Sebagian sempat mengungsi di lokasi yang aman termasuk hewan ternak juga diungsikan.

Baca Juga :  Setelah Hujat Pemerintah dan Tobat, Kades Jenar Ditunjuk Jadi Duta Vaksin Kabupaten Sragen

Ketinggian air yang merendam rumah warga itu mulai dari 50 sentimeter hingga 75 sentimeter.

“Tapi tadi air mulai surut sekitar pukul 21.00 WIB sehingga warga sudah bisa kembali ke rumah masing-masing. Tapi hewan ternak sebagian masih ditempatkan di lokasi yang aman. Ini tadi kami juga baru dari lokasi membantu warga masih membersihkan lumpur. Tapi Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” tuturnya. Wardoyo

Daftar Keluarga Korban Banjir Luapan Kali Cemoro Desa Bukuran:

1. Nama. : Soleman
Jenis kelamin : Laki laki
Umur. : 62th
Alamat : Dk. Bapang Rt 04, Ds Bukuran, Kec. Kalijambe

Baca Juga :  144 Lansia di Tanon Sragen Antusias Ikuti  Vaksinasi Covid-19, Bahkan Ada yang Sampai Dibopong Satgas

2. Nama. : Sutiyono
Jenis kelamin : Laki laki
Umur. : 50 Th
Alamat. : Dk. Bapang Rt 04, Ds Bukuran, Kec. Kalijambe

3. Nama : Waliji
Jenis kelamin : laki laki
Umur : 46 th
Alamat : Dk. Bapang Rt 04, Ds Bukuran, Kec. Kalijambe

4. Nama : Damiri
Jenis kelamin : laki laki
Umur : 84 th
Alamat : Dk. Bapang Rt 04, Ds Bukuran, Kec. Kalijambe

5. Nama : Rukni
Jenis kelamin : Perempuan
Umur : 87 th
Alamat : Dk. Bapang Rt 04, Ds Bukuran, Kec. Kalijambe

6. Nama : Sumarno
Jenis kelamin : laki laki
Umur : 58 th
Alamat : Dk. Bapang Rt 04, Ds Bukuran, Kec. Kalijambe
Sumber: BPBD Sragen

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/01/berikut-daftar-lengkap-keluarga-korban-banjir-bandang-kali-cemoro-di-desa-bukuran-kalijambe-sragen/