GROBOGAN.NEWS Semarang

Dico M Ganinduto Bupati Kendal Terpilih Ikut Divaksin Sinovac, Bangun Kepercayaan Masyarakat Terus Digencarkan

Ilustrasi Bupati Kendal terpilih Dico M Ganinduto saat melaksanakan vaksinasi Covid-19 bersama jajaran Forkopimda Kendal dengan vaksin Corona Sinovac di RSUD dr. Soewondo Kendal, Senin (25/1). Ist

KENDAL, GROBOGAN.NEWS-Mewujudkan rasa percaya kepada masyarakat, Forkopimda menjadi yang pertama dalam melakukan vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Corona Sinovac di RSUD dr. Soewondo Kendal, Senin (25/1), kemarin.

Adapun yang turut serta melakukan vaksin diantaranya adalah Kapolres Kendal, Dandim 0715 Kendal, Ketua DPRD Kendal, Ketua IDI, Kepala Dinas Kesehatan Kendal tokoh agama serta turut ikut serta Bupati Terpilih Kendal yang mewakili Tokoh Masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal Ferinando Rad Bonay mengatakan, peserta vaksinasi terlebih dahulu harus melakukan tahapan pemeriksaan dan harus dinyatakan sehat, dari pemeriksaan terdapat beberapa yang tidak bisa dilakukan vaksin.

“Vaksinasi harus dalam kondisi sehat terutama tensi harus normal, tadi untuk pak Kajari dan Sekda Kendal mengalami tensi diatas ketentuan sehingga tahap pertama tidak dilakukan penyuntikan vaksin termasuk wakil bupati kendal lantaran usia berada di atas 59 juga tidak di vaksin,” jelas Ferinando Rad Bonay.

Sementara itu untuk pelaksanaan vaksinasi tahap berikutnya akan dilaksanakan tanggal 8 hingga 11 Februari 2021.

Tahapan vaksinasi dilakukan kepada tenaga kesehatan sebanyak  3.540 orang.

Dari data sebanyak itu yang sudah mengantongi e-tiket vaksinasi sementara ini baru 2.325 orang.

Sehingga pihak Dinas Kesehatan kini tengah memproses tenaga kesehatan yang belum mempunyai e-tiket vaksinasi ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

D isisi lain Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur menjelaskan, bahwa kegiatan vaksin secara medis bisa telah diperhitungkan dengan baik bahkan tahap pelaksanaan kepada pihak yang akan divaksin harus dinyatakan sehat, Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan pelaksanaan vaksinasi.

“Sebelum pelaksanaan vaksin, terlebih dulu dilakukan screening kesehatan atau cek kesehatan, karena orang yang divaksin harus memenuhi syarat kesehatannya dan untuk pelaksanaan vaksin akan dilakukan di 38 lokasi, yaitu 30 Puskesmas, 5 rumah sakit dan 3 klinik,” ujar Wakil Bupati Kendal.

Sementara itu, Bupati Kendal terpilih Dico M Ganinduto mengapresiasi seluruh tenaga kesehatan dan dokter yang sudah berjuang di garis depan saat pandemi Covid-19.

“Vaksinasi Covid-19 ini, merupakan harapan kita semua. Karena sudah dilakukan uji klinis dan melalui prosedur yang ada, serta aman bagi kesehatan,” terangnya.

Dico berharap, seluruh masyarakat Kendal ikut serta menyukseskan program dari pemerintah pusat.

Sehingga, nantinya dapat beraktivitas secara normal kembali dan memberi dampak pada pulihnya perekonomian.

Di hari yang sama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga meninjau vaksinasi di Puskesmas Kaliwungu, Puskesmas Brangsong II dan RSUD dr Soewondo Kendal.

Ganjar berpesan, kepada pihak rumah sakit, agar proses vaksinasi dalam sehari dapat melayani 200 orang.

Hal tersebut ditekankan, agar dalam tiga hari ke depan dapat selesai vaksinasi untuk seluruh tenaga kesehatan.

Ganjar juga meminta para nakes untuk tetap menjaga kesehatan meskipun sudah mendapat vaksin pertama.Purwanto