GROBOGAN.NEWS Umum Magelang

Pelantikan Kepala Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah Magelang, Pendidikan Karakter Tanamkan dan Perkuat Sikap Sopan Santun pada Generasi Muda

Ketua Pimpinan Wiayah (PW) Muhammadiyah Jawa Tengah, Tafsir hadir saat pelantikan kepala sekolah dan madrasah, Sabtu (16/1/2021) di Aula Kantor Muhammadiyah, Mungkid Kabupaten Magelang. Ist

MAGELANG, GROBOGAN.NEWS-Karakter merupakan kumpulan nilai-nilai baik yang menjadi landasan atau pedoman sikap dan perilaku seseorang.

Untuk menumbuhkan karakter yang baik ini diperlukan pendidikan karakter.

Saat ini penguatan karakter menjadi kunci utama untuk menyiapkan generasi yang siap menghadapi tantangan pada abad ke-21.

Karena itu, nilai tersebut harus tertanam di lingkungan pendidikan, keluarga, maupun masyarakat.

Pendidikan karakter di lembaga pendidikan juga perlu berorientasi pada menanamkan kesopanan yang berakhlaqul karimah.

Baca Juga :  Miliki Puluhan Juta Uang Palsu, Warga Wonosobo Diringkus di Temanggung, Uang Dibungkus Kertas Putih dan Disimpan di Bagasi Motor  

Demikian disampaikan Ketua Pimpinan Wiayah (PW) Muhammadiyah Jawa Tengah, Tafsir saat pelantikan kepala sekolah dan madrasah, Sabtu (16/1/2021) di Aula Kantor Muhammadiyah, Mungkid Kabupaten Magelang.

“Pimpinan di setiap satuan pendidikan baik di sekolah maupun madrasah perlu senantiasa membangun suasana kegiatan belajar mengajar yang mampu mendukung keberhasilan pendidikan karakter,”

Tafsir menambahkan, filosofi penyelenggaraan pendidikan di Muhammadiyah adalah memajukan, memperbaharui dan mengembangkan.

Islam sebagai syariah tidak mungkin diperbaharuhi dan berkembang, akan tetapi fiqih bisa berubah sesuai dengan ruang dan waktu.

Baca Juga :  Pemkot Magelang Ajukan Penambahan Jalur Khusus Sepeda Ayun ke Pemerintah Pusat

“Orientasinya adalah bagaimana nilai-nilai yang ada dalam agama mampu dipahami secara kontekstual sehingga mampu menghadirkan solusi dari setiap persolan keumatan dan kebangsaan terkini,” pesan dia.

Kepala sekolah dan madrasah yang dilantik adalah Hasan Ansori sebagai Kepala SMK Muhammadiyah 1 Salam, Erlitasari Kepala SMK Muhammadiyah Dukun dan Eko Yuantoro Kepala SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan.

Baca Juga :  Pemdes Didorong Siapkan Tempat Isolasi Terpusat

Selanjutnya Nidaan Hasana sebagai Kepala SMP Muhammadiyah Tempuran, Ali Rahmani SD Muhammadiyah Bandongan, Muhammad Nasikhodin MI Muhammadiyah Wonogiri  Kecamatan Kajoran dan Fahrudin  Ahmad Muttaqin MI Muhammdiyah Butuh, Senden Kecamatan Mungkid.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Azis Amin Mujahidin.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang Jumari, perwakilan Kementerian Agama, Cabang Dinas Pendidikan Jawa Tengah Wilayah 8, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Muhammadiyah. F Lusi