GROBOGAN.NEWS Blora

Dinkominfo Blora Siap Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19

Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora Sugiyono saat rapat koordinasi persiapan awal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di kabupaten Blora bersama Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Blora, Dinas Kesehatan Kabupaten Blora serta Bagian Prokompin Setda Blora, di ruang pertemuan gedung Samin Blora, Rabu (6/1/2021). Istimewa

BLORA, GROBOGAN.NEWS-Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora Sugiyono menyatakan kesiapannya melaksanakan sosialisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat melalui berbagai media.

Hal itu disampaikan dalam rapat koordinasi persiapan awal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di kabupaten Blora bersama Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Blora, Dinas Kesehatan Kabupaten Blora serta Bagian Prokompin Setda Blora, di ruang pertemuan gedung Samin Blora, Rabu (6/1/2021).

“Berkembang isu ada warga yang pro dan ada yang kontra, sehingga tugas kita, pemerintah untuk memberika penjalasan, sosialisasi, pencerahan yang sebenarnya terkait vaksinasi Covid-19,” kata Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora.

Sehingga kalau nanti segera diagendakan pelaksanaan vaksin di kabupaten Blora, maka sosialisasi kepada masyarakatlah yang pertama kali harus dilakukan.

“Dengan demikian penerima vaksin ini tidak ragu-ragu, bahkan menolak,” ucapnya.

Sugiyono pun mengemukakan berbagai media seperti radio, instagram, website, twitter, baliho, spanduk , banner dan sinergitas dengan media cetak serta televisi siap dilakukan untuk mengedukasi dan sosialisi kepada warga masyarakat.

“Tentu saja, materi sosialisasi yang disampaikan harus dari OPD teknis, sehingga dalam istilah kami narasi tunggal. Tidak perlu masing-masing lembaga membuat sendiri-sendiri,” terangnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan dan Sumberdaya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Lucius Kristiawan, ST,M.Si memberi gambaran bahwa persiapan yang dilakukan diakui agak mendesak.

Akan tetapi, kata dia, sudah bisa di mapping dan dipetakan di antaranya sasaran vaksinasi Covid-19 seperti tenaga kesehatan, pelayan publik, masyarakat rentan, masyarakat umum dan masyarakat rentan lainnya.

Ia juga menyebut terkait ketersediaan peralatan Chold Chain Kabupaten Blora yang ada di Dinkes dan Puskesmas serta rumah sakit.

Sementara itu, fasilitas pelayanan kesehatan yang sudah bersedia melakukan vaksinasi Covid-19 yaitu 26 Puskesmas, RSUD dr. R. Soetijono Blora, RSUD dr. R Soeprapto Cepu, RS PKU Muhammadiyah Blora dan Cepu, Rumkitban Blora, RS Permata, Klinik Polres Blora dan Klinik Tali Asih Jepon. Ahmad I Ris