GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Maling Tak Beriman, Kepergok Curi Kotak Amal Masjid, Disergap saat Asyik Sembunyi di Kamar Mandi

Ilustrasi aksi pencurian./ pixabay

TANGERANG, GROBOGAN.NEWS-Aksi pencurian kotak amal di sebuah masjid di Tangerang Selatan berhasil digagalkan warga. Pelaku kepergok saat hendak membongkar kotak amal di Masjid Al-Mustaqim, Pondok Aren, Tangerang Selatan, pada Sabtu (2/1/2021) kemarin.

Aksi pelaku ketahuan karena di dalam masjid terpasang kamera pengawas alias CCTV. Warga yang mengetahui ada pencuri yang hendak membobol kotak amal, langsung berusaha menangkap dan mengepung pelaku yang masih berada di dalam masjid.

Namun saat dicari warga, pelaku sempat tidak ditemukan dan ternyata bersembunyi di toilet perempuan. Ia bahkan turut membawa sepatunya ke tempat wudhu perempuan agar keberadaannya tidak diketahui.

“Pelaku sempat ngumpet. Tapi langsung kita tungguin. Saya periksa di ruangan masjid tidak ada, ternyata ngumpet di kamar mandi,” ujar Karwadi, bendara DKM Masjid Al-Mustaqim, menceritakan kronologi kejadian, seperti dikutip Tribunnews dari Tribunjakarta.

Baca Juga :  Lima Orang Tahanan KPK Jalani Isolasi Mandiri di Wisma Atlet

Warga terus menunggu di akses keluar masjid sehingga pelaku akhirnya dapat diamankan dan dibawa ke rumah ketua RT setempat untuk diinterogasi. “Pelaku dibawa ke rumah ketua lingkungan. Di sana dia mengaku sudah dua kali melakukan berbuat (pencurian kotak amal),” lanjut Karwadi.

Warga sempat menggeledah tas yang dibawa pelaku dan menemukan sejumlah barang, termasuk kawat berbagai ukuran yang diduga digunakan untuk membuka gembok kotak amal.

Sebuah peristiwa pun terjadi saat pelaku pencurian yang tak diketahui identitasnya itu diamankan di rumah ketua RT. Setelah mengakui perbuatannya mencuri, ia mendadak terbujur kaku dengan posisi tidur telentang dengan mata melotot dan mulutnya terbuka lebar seperti seseorang yang sedang kesurupan.

Baca Juga :  Satu Korban Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Berhasil Diidentifikasi

Namun warga tidak begitu saja percaya bahwa pelaku yang saat itu mengenakan baju hijau dan celana panjang hitam tersebut tengah kesurupan. Warga malah melanjutkan menggeledah tubuh pelaku dan sempat membuka celana pelaku untuk mencari benda sejenis jimat yang mungkin dimiliki pelaku.

Warga juga sempat berupaya menyadarkan pelaku dengan menyabetkan sapu lidi dan daun kelor. Namun upaya itu tidak kunjung berhasil menyadarkan maling kotak amal tersebut, hingga akhirnya datang petugas polisi yang langsung membawanya ke Polsek Pondok Aren.

Aksi pencurian kotak amal bukan kali pertama terjadi di Masjid Al-Mustaqim, Pondok Aren. Bahkan masjid yang berlokasi di tepi jalan umum itu juga sempat disatroni maling pada 19 Desember 2020 lalu. Sebelumnya aksi pencurian juga sempat terjadi pada 4 Desember 2020.

Baca Juga :  IDI: Kepercayaan Pada Vaksin Covid-19 Jangan Terpaku Merek dan Asal Negara

Jika dihitung hingga kejadian terbaru, selama bulan November sampai Desember 2020, telah terjadi empat kali pencurian di masjid tersebut. Dari pantauan CCTV, Karwadi meyakini jika aksi pencurian itu dilakukan oleh orang yang sama.

tribunnews