GROBOGAN.NEWS Solo

10 Tokoh di Sukoharjo Awali Vaksinasi Covid-19 Minus Bupati Wardoyo Wijaya, Ini Sebabnya

Penyuntikan vaksin Covid-19 kepada tokoh di Sukoharjo. Dok. Polres Sukoharjo

SUKOHARJO, GROBOGAN.NEWS – Sebanyak 10 tokoh di Kabupaten Sukoharjo menjalani vaksinasi pada tahap pertama, Senin (25/1/2021). Setelah itu, menyusul para tenaga kesehatan (Nakes) menjalani vaksinasi.

Melansir tribratanews, 10 orang penerima vaksin tahap pertama terdiri dari 10 tokoh publik. Tokoh-tokoh tersebut meliputi Ketua DPRD, Kapolres, Kajari, Kepala Pengadilan Negeri, Perwakilan dari Pemerintah Daerah, Perwakilan dari Rumah Sakit, MUI, Pendeta, Ketua IDI, dan tokoh lainnya.

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya mengatakan, vaksinasi Covid-19 merupakan tindak lanjut dari program pemerintah pusat. Hal itu dilakukan dalam upaya mencegah penularan virus Corona.

Baca Juga :  Warga Gotong Royong Bantu Warga Tangkil Usai Tanah Longsor, DPC PDIP Sragen Bantu Dana

“Vaksinasi dimulai pada 10 orang tokoh publik, untuk memberikan contoh pada masyarakat bahwa vaksin benar-benar aman. Saya tidak (divaksin), karena usia saya sudah 60 tahun dan punya komorbid,” beber dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati menjelaskan, untuk tahap pertama dilakukan vaksinasi pada 10 orang. Dilanjutkan pada 6.896 tenaga kesehatan.

Untuk Sukoharjo, saat ini total kasus positif corona mencapai 3.656 kasus. Dari jumlah itu 224 orang meninggal dunia. Persentase angka kematian tersebut 6,1% dan di atas angka kematian nasional.

Baca Juga :  Ini Tiga Pelaku Perampokan Alfamart yang Berondong dengan Tembakan!

Tingginya kasus Covid-19 di Sukoharjo diperlukan bentuk antisipasi lain yang intensif. Yakni vaksinasi untuk mencegah penularan virus.

Vaksinasi sendiri bertujuan untuk mengurangi transmisi atau penularan Covid-19. Menurunkan angka kesakitan dan kematian, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) dan melindungi masyarakat agar tetap produktif secara social dan ekonomi.

Baca Juga :  Jika Pemberangkatan Jemaah Haji Asal Sragen Dibuka Kembali, Calhaj Angkatan 2020 Bakal Diprioritaskan

Untuk sasaran vaksinasi di Sukoharjo sendiri sebanyak 579.681 orang. Terdiri dari tenaga kesehatan 6.896 orang, pelayanan publik 224.489 orang, masyarakat umum dan pelaku ekonomi 196.910 orang, dan lansia 112.935 orang.

Vaksinasi serentak 31 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah ini merupakan tahap kedua setelah daerah sebelumnya. Yakni Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kota Surakarta yang sudah melaksanakan vaksin pada 14 Januari 2021 kemarin. A Antok

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/01/kick-off-vaksinasi-covid-19-di-sukoharjo-dimulai-senin-25-januari-2020-10-tokoh-dapat-giliran-pertama-disuntik-dilanjutkan-ribuan-tenaga-kesehatan/