GROBOGAN.NEWS Umum Pantura

Warga Diminta Tak Takut Donor Darah saat Pandemi Covid-19

Ilustrasi kegiatan donor darah yang dilaksanakan PMI Kota Pekalongan. Istimewa

PEKALONGAN, GROBOGAN.NEWS-Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekalongan mengajak masyarakat supaya tidak perlu takut melakukan donor darah saat pandemi Covid-19, sebab dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Hingga saat ini, stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Pekalongan cukup aman hingga dua sampai tiga hari kedepan. Kendati demikian, PMI Kota Pekalongan terus berupaya memenuhi kebutuhan darah. Salah satunya bersinergi dengan sejumlah pihak, seperti pada kegiatan anniversary ketujuh Hotel Sahid Mandarin.

Baca Juga :  Investor Dipastikan Hadir di KIT Batang Tahun Ini, Bupati Kumandangkan Semangat Cipta Lapangan Kerja

“Untuk kegiatan hari ini kami tidak menargetkan harus berapa kantong darah mengingat kegiatan donor darah dilakukan secara sukarela. Kendati demikian, kami ucapkan terima kasih. Pasalnya, melalui kegiatan ini, masyarakat ikut andil, membantu menjaga stok darah di Kota Pekalongan,” ungkap penanggung jawab Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Kota Pekalongan, Aji Putra Prakoso saat ditemui di Ballroom Hotel Sahid Mandarin, belum lama ini.

Baca Juga :  Tenaga Pelayanan Publik Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19

Ia menambahkan, masyarakat tidak perlu takut melakukan donor darah pada saat pandemi Covid-19. Sebab UDD PMI selalu menjaga dan menerapkan prokes secara ketat dan dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD), seperti memakai masker, faceshield, sarung tangan, baju hazmat, dan sebagainya.

“Antusias masyarakat kota pekalongan sebetulnya cukup bagus. Mereka dengan sadar datang ke kantor UDD PMI yang berlokasi di Jalan Veteran nomor 27, Kraton Lor, Kecamatan Pekalongan Utara,” pungkas Aji.

Baca Juga :  Fenomena Angin Puting Beliung Muncul di Peraian Selat Madura, Warga Kenjeran Surabaya Geger. Ini Penampakannya

Sementara itu, General Manager Hotel Sahid Mandarin, Subhan Ahmad menjelaskan, sebelum ada pandemi Covid-19, kegiatan donor darah dilakukan rutin tiga kali dalam setahun dan dibuka untuk umum. Namun, di tengah pandemi Covid-19, hanya dilakukan satu kali, bersamaan dengan anniversary ketujuh tahun Hotel Sahid Mandarin. Frieda