GROBOGAN.NEWS Solo

Seminggu Sebelum Coblosan, Satu Pegawai KPU Sragen Malah Positif Covid-19

Ilustrasi Covid-19

SRAGEN, GROBOGAN.NEWS – Sepekan menjelang hari pencoblosan Pilkada Sragen yang akan digelar 9 Desember mendatang, seorang pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen malah dinyatakan positif Covid-19.

Diduga kuat, pegawai itu tertular dari klaster keluarganya. Imbasnya, seluruh komisioner dan staf yang ada di KPU terpaksa harus menjalani tes swab.

Data yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM , pegawai yang positif itu menjabat sebagai Kepala Sub Bagian (Kasubag) diduga tertular dari keluarganya.

“Itu (tertular) dari istrinya yang positif. Setelah istrinya positif dia meminta isolasi mandiri dan dia dinyatakan juga positif,” beber Ketua KPU Sragen Minarso saat dijumpai wartawan di kantornya, Kamis (3/12/2020).

Minarso mengatakan semenjak ada satu pejabat yang dinyatakan positif Covid-19, langsung dilakukan tracing untuk memutuskan penularan di Kantor KPU.

Minarso menegaskan, sejak dinyatakan positif yang bersangkutan belum pernah masuk ke kantor.

“Tapi sejak dinyatakan positif belum pernah ngantor,” ujarnya.

Namun sebagai bentuk antisipasi dan screening seluruh komisioner, sekretaris dan seluruh karyawan di swab. Pihaknya harus menjamin pelaksanaan Pilkada Sragen 9 Desember.

“Kita menjamin ketenangan masyarakat, PPK, PPS, nanti kalau ada pegawai KPU terkena yang biasanya rapat bersama. Akhirnya kita menggunakan langkah cepat, tidak rapid, tapi langsung swab dan hasilnya komisioner negatif,” ungkapnya.

Sedangkan pejabat dan staf KPU lainnya saat ini masih menunggu hasil swab dari Dinas Kesehatan.

Menurut Minarso pegawai yang menunggu hasil masih ada 30 orang. Terdiri dari Kasubag hingga staf.

“Hasilnya kapan, biasanya tetap Dinas Kesehatan yang menyampaikan pertama,” tandasnya.

Minarso juga menyampaikan bahwa hasil screening Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ada ratusan yang dinyatakan reaktif rapid test.

Mereka kemudian dilanjutkan swab test, tak sedikit yang hasilnya positif Covid-19.

“Dari hasil rapid itu ada 250-an yang reaktif. Tapi sebenarnya untuk Sragen ini ukuran di Jawa Tengah masih tergolong rendah,” katanya.

Minarso mengatakan, hasil KPPS yang dinyatakan positif sudah menjadi ranah Satgas Covid-19. Saat ini sudah melakukan isolasi.

Namun terkait nasib KPPS saat pencoblosan berlangsung dia mengklaim masih tetap bisa berjalan.

“KPPS tugasnya masih 9 Desember, kalaupun sakit masih ada petugas yang lain,” kata Minarso. Wardoyo

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2020/12/gawat-seminggu-jelang-pencoblosan-satu-pegawai-kpu-sragen-malah-positif-covid-19-tertular-dari-istrinya-semua-komisioner-dan-staf-langsung-diswab-30-pegawai-masih-tunggu-hasil/