GROBOGAN.NEWS Solo

Seluruh Pemudik akan Dikarantina saat Tiba di Kota Solo, Bawa Hasil Uji Swab Tetap Tidak Berlaku

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat meninjau kesiapan Solo Techno Park sebagai lokasi karantina, Selasa (8/12). Foto : Istimewa

SOLO, GROBOGAN.NEWS-Kebijakan tegas kembali digulirkan Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo menghadapi hantaman penularan virus corona atau Covid-19.

Ia menegaskan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan seluruh pemudik yang datang di Solo tetap akan dikarantina.

Untuk lokasi karantina seperti yang telah ditentukan yakni di Solo Techno Park selama 14 hari.

“Semua pemudik Natal dan Tahun Baru ke Kota Surakarta akan kita karantina semua. Kita tegas, tidak ada pengecualian, dan hasil swab negatif tidak berlaku,” ujar Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat meninjau kesiapan Solo Techno Park sebagai lokasi karantina, Selasa (8/12).

Ia mengungkapkan, hasil swab negatif tidak menjamin yang bersangkutan akan terbebas dari Covid-19, lantaran usai hasil swab negatif, pemudik kemungkinan masih bisa terpapar virus apabila kontak dengan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Pemerintah Kota Surakarta, lanjut Rudy, telah menyiapkan lebih dari 260 tempat tidur yang nyaman dengan ruangan berpendingin udara dan berventilasi sehat untuk para pemudik di Solo Techno Park. Ruangan juga dilengkapi dengan loker dan partisi.

Rudy menegaskan, pemudik tetap diperlakukan manusiawi selama menjalani karantina di Solo Techno Park.

Sementara itu, Benteng Vastenberg yang semula disiapkan untuk karantina, akhirnya batal menjadi lokasi lantaran tidak memenuhi persyaratan karena ada beberapa bagian bangunan yang rusak sehingga bisa mengancam keselamatan pemudik yang dikarantina.

Namun, Benteng Vastenberg tetap digunakan untuk karantina sehari bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan, dengan membersihkan parit dan rumput di benteng peninggalan Belanda tersebut.

Perlu diketahui, untuk regulasi aturan dan waktu pelaksanan karantina bagi pemudik ke Kota Surakarta saat ini masih menunggu Surat Edaran Wali Kota Surakarta, setelah tanggal 10 Desember 2020. Satria