GROBOGAN.NEWS Semarang

Sejak September 2020, Bulan Dana PMI Kabupaten Semarang Catatan Penerimaan Rp749.185.456

Bupati Semarang Mundjirin usai menerima penyerahan hasil bulan dana PMI 2020 dari Dandim 0714/Salatiga selaku Ketua Umum Bulan Dana PMI 2020 Letkol Inf Loka Jaya Sembada di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Selasa (29/12/2020) siang. Istimewa

UNGARAN, GROBOGAN.NEWS– Bulan dana Palang Merah Indonesia (PMI) di Kabupaten Semarang yang dilaksanakan selama tiga bulan sejak September 2020 lalu, telah terkumpul sebanyak Rp749.185.456.

Bupati Semarang Mundjirin usai menerima penyerahan hasil bulan dana PMI 2020 dari Dandim 0714/Salatiga selaku Ketua Umum Bulan Dana PMI 2020 Letkol Inf Loka Jaya Sembada di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Selasa (29/12/2020) siang, menyatakan, di tengah pandemi Covid-19,PMI Kabupaten Semarang tidak mentargetkan capaian anggaran melalui program bulan dana PMI.

Baca Juga :  Penanganan Banjir Jangka Pendek Fokus Peningkatan Kapasitas Pompa

“Tanpa target, pencapaian ini diluar dugaan karena masih di masa pandemi. Kita menghargai kerja keras segenap panitia dan dukungan masyarakat serta semua pihak,” ujarnya.

“Pencapaian tersebut menunjukan jika solidaritas dan rasa kebersamaan warga Kabupaten Semarang ternyata tidak luntur,” sambung dia.

Lebih lanjut Mundjirin menyampaikan, PMI memerlukan dukungan dari semua pihak untuk menjalankan tugas kepalangmerahan dan kegiatan kemanusiaan.

Pihaknya pun berharap, pengumpulan dana PMI nantinya akan dilakukan lebih profesional. Sehingga membawa manfaat yang lebih banyak bagi masyarakat.

Baca Juga :  Terlibat Peredaran Rokok Ilegal, Tiga Orang Diamankan, Salah Satunya Pensiunan Aparatur Negara

“Dana yang terkumpul akan dikembalikan kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan kemanusiaan,” ujarnya lagi.

Ketua Umum Bulan Dana PMI 2020 Letkol Inf Loka Jaya Sembada mengakui, perolehan dana tahun ini menurun dibandingkan tahun lalu.

Sebelumnya, bulan dana PMI mampu meraup Rp1,1 miliar lebih. Namun penurunan itu dapat dimaklumi karena pandemi Covid-19. Karena, sebenarnya potensi dana masyarakat Kabupaten Semarang sangat besar.

“Banyak perusahaan berskala nasional bahkan internasional yang dapat diajak berpartisipasi dalam bulan dana,” terangnya.

Baca Juga :  POPDA Jateng 2021 akan Digelar secara Virtual, Gubernur Ganjar Beri Lampu Hijau

Dari total dana yang terkumpul, lanjutnya, masih dikurangi untuk biaya operasional kegiatan. Sehingga jumlah dana yang diserahkan kepada Bupati Semarang sebesar Rp674.266.911.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PMI Kabupaten Semarang Nuryanto menyampaikan, dana akan digunakan untuk merealisasikan berbagai program kegiatan PMI.

Di antaranya pembinaan generasi muda melalui PMR dan KSR. Selain itu pelatihan kegawatdaruratan , bantuan bagi korban bencana alam, pelayanan klinik PMI dan donor darah. P Yoga