GROBOGAN.NEWS Kudus

Sambut Peringatan Hari Ibu, TP PKK Kudus Gelar Rapid Test Gratis

Menyambut Peringatan Hari Ibu Tahun 2020, TP PKK Kabupaten Kudus menggelar rapid test gratis bagi kaum perempuan. Sebanyak 50 ibu-ibu dari TP PKK Kecamatan Kota mengikuti rapid test antigen di UPT Puskesmas Wergu Wetan, Senin (21/12). Istimewa

KUDUS, GROBOGAN.NEWS-Menyambut Peringatan Hari Ibu Tahun 2020, TP PKK Kabupaten Kudus menggelar rapid test gratis bagi kaum perempuan. Sebanyak 50 ibu-ibu dari TP PKK Kecamatan Kota mengikuti rapid test antigen di UPT Puskesmas Wergu Wetan, Senin (21/12).

Jalannya kegiatan dibuka oleh Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kudus, Hj. Mawar Hartopo, didampingi Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial P3AP2KB, dan Kepala Dinas PMD.

Baca Juga :  Meski Digelar Virtual, Peserta Diklatsar Wajib Bertanggungjawab

Mawar Hartopo mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan TP PKK Pusat dalam surat nomor 59/SKR/PKK.Pst/XII/2020.

Peringatan Hari Ibu tahun ini dimaknai untuk mendukung upaya percepatan penanganan Covid-19 dari tingkat keluarga. Kaum perempuan dipercaya mempunyai peran vital dalam menjaga kesehatan keluarga dengan mengajarkan budaya hidup bersih dan sehat.

“Sebagai ibu rumah tangga, mari menjadi yang paling vokal mengajak hidup bersih dan sehat demi kesehatan keluarga. Apalagi sekarang untuk mencegah wabah dalam klaster keluarga,” ujarnya.

Baca Juga :  Penemuan Jenglot di Makam Keramat di Kudus Gemparkan Warga dan Netizen

Dirinya kemudian mengajak ibu-ibu untuk tidak henti-hentinya mengingatkan keluarga dalam kedisiplinan Protokol Kesehatan 3M. Dengan memakai masker ketika keluar rumah, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak serta hindari kerumunan.

“Keluar rumah harus pakai masker, makan di luar boleh tapi hendaknya dibungkus saja. Kalau masker kain tiap empat jam harus ganti, maka minimal harus sedia 2 masker setiap berpergian,” tuturnya.

Baca Juga :  Tabrak Dump Truk, Pengendara Sepeda Motor Asal Kota Semarang Meninggal Dunia di Kudus

Sebagai informasi, pelaksanaan Rapid Test dalam Peringatan Hari Ibu dilaksanakan secara serentak mulai tanggal 14 s.d 21 Desember oleh seluruh TP PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota. Dalam pengadaan alat rapid dan pelaksanaan, TP PKK berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan setempat. Nor Ahmad