GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Reshuffle Kabinet: Presiden Jokowi Umumkan Enam Menteri Baru, Empat Menteri Dilengserkan

Presiden Joko Widodo umumkan enam menteri baru di Istana Negara, Selasa (22/12/2020). Foto: YouTube/Sekretariat Presiden

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS Presiden Joko Widodo mengumumkan sejumlah calon pejabat menteri baru di Istana Negara, Selasa (22/12/2020). Ada enam calon pejabat menteri baru yang diumumkan Jokowi, termasuk dua yang akan mengisi jabatan menteri kelautan dan perikanan serta menteri sosial yang saat ini kosong.

Didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Jokowi memperkenalkan satu persatu para calon menteri barunya itu melalui siaran di kanal YouTube Sekretariat Presiden sekitar pukul 15.30 WIB.

Pertama, Presiden Jokowi memperkenalkan Tri Rismaharini sebagai calon Menteri Sosial. Wali Kota Surabaya itu akan menempati jabatan yang ditinggalkan Juliari Batubara, yang menjadi tersangka kasus korupsi bantuan sosial Covid-19.

Baca Juga :  Inilah Penyakit Penyerta yang Boleh dan Tidak Mendapat Vaksin Covid-19 serta Sebabnya

Kedua, Sandiaga Salahudin Uno akan dipercaya untuk menjabat sebagai pemimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Ketiga, Budi Gunadi Sadikin akan diberi tanggung jawab memimpin Kementerian Kesehatan. Mantan Direktur Utama Bank Mandiri dan mantan Direktur Utama PT Inalum yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN itu akan menjadi calon Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.

Baca Juga :  PMI: Tiap Hari di Indonesia Butuh 200 Pendonor Plasma

Keempat, Yaqut Choilil Coumas, tokoh muslim yang juga ketua GP Anshor, akan diberi tanggung jawab sebagai Menteri Agama, menggantikan Fachrul Razi.

Kelima, Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono, akan menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan yang kosong sejak kasus dugaan suap ekspor benih lobster yang menjerat Edhy Prabowo.

Keenam, Muhammad Lutfi, mantan Kepala BKPN yang terakhir menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, akan ditugaskan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.

Baca Juga :  Lima Orang Tahanan KPK Jalani Isolasi Mandiri di Wisma Atlet

Pelantikan enam pejabat menteri baru tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada Rabu (23/12/2020) besok.