GROBOGAN.NEWS Umum Magelang

Ratusan Pohon Ditanam Kendeng Hill Kalisalak Salaman

Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Aisyiyah Kabupaten Magelang melaksanakan kegiatan tanam pohon di Kendeng Hill, Desa Kalisalak Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang, Sabtu (26/12) lalu. Istimewa

MAGELANG, GROBOGAN.NEWS-Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Aisyiyah Kabupaten Magelang melaksanakan kegiatan tanam pohon di Kendeng Hill, Desa Kalisalak Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Sabtu (26/12) lalu.

Sejumlah 500 bibit yang terdiri dari pohon Albasia, Gayam dan Beringin ditanam di kawasan pegunungan tersebut. Bibit yang ditanam merupakan bantuan dari Kantor Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Wilayah IX.

“Giat tanam pohon ini dalam rangka memperingati Hari Tanam Pohon Indonesia (HTMI) dan Bulan Menanam Pohon Nasional serta memeriahkan Milad Muhammadiyah ke 108,” kata Ketua LLHPB ‘Aisyiyah Kabupaten Magelang Taryati dalam keterangan resmi yang diterima pada Minggu (27/12) kemarin.

Kegiatan tersebut bertujuan mendukung kegiatan tanaman konservasi.

“Serta untuk pencegahan terhadap bencana kekeringan, tanah longsor dan banjir,” harapnya.

Sebelum tanam pohon dilaksanakan senam bersama dilanjut upacara pembukaan dan penyerahan bibit tanaman oleh Kepala Cabang Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Tengah Wilayah IX Slamet Rohadi kepada perwakilan dari Organisasi Pengurangan Resiko Bencana (OPRB) Katana Desa Kalisalak, Masykur.

Pemerintah dalam hal ini Dinas Kehutanan memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan tanam pohon ini, Wilayah Kecamatan Salaman berdekatan dengan objek wisata Candi Borobudur, lingkungan alam Desa Kalisalak yang masih alami serta keberadaan Kendeng Hill bisa dijadikan destinasi wisata.

“Kami juga mengajak generasi muda menanam pohon sebagai upaya menjaga kelestarian alam,” ujar Slamet.

Slamet berpesan, setiap bibit yang sudah ditanam harus mampu dipelihara dengan baik.

“Kerjasama dari semua pihak khususnya yang terlibat dalam kegiatan tanam pohon ini dan juga masyarakat desa setempat sangat diharapkan dalam rangka memelihara kelestarian alam dalam bentuk menjaga dan merawat pohon yang telah ditanam,” pesannya.

Giat tanam pohon ini kerjasama LLHPB ‘Aisyiyah dengan OPRB Katana Desa Kalisalak , Kelompok Pelestari Alam (KOPEL) Desa Kalisalak, Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM), Nasyiatul ‘Aisyiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Koarmabar Salaman, Disaster Unimma serta Pramuka Saka Bhayangkara Salaman. Kemudian terlibat juga Lembaga Amil Zakat Infaq Sadaqah Muhammadiyah (Lazismu) serta Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten dan Kota Magelang. F Lusi