GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Presiden Jokowi Umumkan Vaksin Covid-19 untuk Masyarakat Indonesia Gratis: Tidak Ada Lagi Alasan Masyarakat Tidak Mendapatkan Vaksin

Presiden Joko Widodo mengumumkan pemberian vaksin Covid-19 untuk masyarakat akan digratiskan. Foto: YouTube/Sekretariat Presiden

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengumumkan bahwa vaksin Covid-19 akan diberikan secara gratis kepada seluruh rakyat Indonesia. Hal tersebut telah pemerintah mempertimbangkan masukan dan menghitung ulang keuangan negara.

Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi melalui tayangan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, pada Rabu (16/12/2020) siang. Jokowi pun menekankan bahwa masyarakat tidak akan dipungut biaya apa pun dalam mendapatkan vaksinasi Covid-19.

“Hari ini saya ingin menyampaikan perkembangan vaksin Covid-19. Jadi setelah menerima banyak masukan dari masyarakat. Dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara. dapat saya sampaikan bahwa vaksin covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi, gratis tidak dikenakan biaya sama sekali,” kata Jokowi.

Baca Juga :  15 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Berbentuk Bahan Baku Tiba di Indonesia. Total Sudah Ada 18 Juta Dosis Vaksin Sinovac Asal China di Indonesia

Selain itu, Presiden Jokowi juga menginstruksikan kepada jajarannya hingga ke tingkat pemerintah daerah, agar dapat memprioritaskan program vaksinasi Covid-19 pada tahun 2021 mendatang.

“Untuk itu saya instruksikan dan saya perintahkan kepada seluruh jajaran kabinet kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.”

“Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan kepada menteri keuangan untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini, sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin,” ujar presiden.

Baca Juga :  Lima Orang Tahanan KPK Jalani Isolasi Mandiri di Wisma Atlet

Selanjutnya, Presiden Jokowi kembali menegaskan niatannya untuk menjadi penerima vaksin Covid-19 pertama. Hal tersebut dilakukan Jokowi sebagai upaya membangun kepercayaan dan keyakinan di tengah masyarakat bahwa vaksin Covid-19 yang diberikan aman untuk digunakan.

“Saya juga ingin menegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman,” tukas Jokowi.

Sebagaimana diketahui, Indonesia telah memulai pengadaan vaksin Covid-19 dengan mendatangkan hingga 1,2 juta dosis vaksin buatan Sinovac China. Selain itu pemerintah juga telah mengesahkan izin penggunaan untuk enam jenis vaksin Covid-19 di Indonesia, termasuk vaksin Merah Putih yang dikembangkan di dalam negeri.