GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Polisi Belum Izinkan Pihak Keluarga Jenguk Rizieq Shihab

Rizieq Shihab. Foto: tempo.co

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Sampai sejauh ini, keluarga pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab belum diperbolehkan oleh pihak kepolisian untuk menjenguknya di dalam tahanan.

Demikian dikatakan oleh kuasa hukum Rizieq Shihab, Sugito Atmo Pawiro. Sugito menyatakan, pihak kepolisian belum memperkenankan keluarga untuk menjenguk dan bertemu kliennya sampai saat ini.

Sebagaimana diketahui, Rizieq Shihab merupakan tersangka atas kasus kerumunan yang menyebabkan pelanggaran protokol kesehatan dan penghasutan, dan kini tengah menjalani penahanan di Markas Kepolisian Daerah Metro Jaya.

“Sejak ditahan, pihak keluarga masih kesulitan untuk bertemu dan mengunjungi, karena penyidik belum memperkenankan. Terlebih lagi penyidik sering saling melempar tanggung jawab apabila ada pihak keluarga yang ingin berkunjung,” ucap Sugito melalui keterangan tertulis pada Selasa (29/12/2020).

Sugito menyatakan, pihak keluarga bersedia memenuhi protokol kesehatan dalam kunjungan ke Rizieq Shihab. Ia pun menyayangkan atas sikap pihak kepolisian tersebut.

“Sebagai warga negara, memiliki hak yang dilindungi oleh hukum untuk bertemu keluarga, mendapatkan support,” kata Sugito.

Apalagi, menurut dia, Rizieq Shihab sudah sangat kooperatif mengikuti seluruh proses hukum.

“Harapannya hak-hak HRS sebagai tersangka dapat dimudahkan oleh pihak kepolisian,” ujar Sugito melanjutkan.

Diketahui, Polda Metro Jaya telah menetapkan pemimpin FPI itu bersama lima orang lainya sebagai tersangka kasus kerumunan untuk acara di pernikahan dan Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Jakarta Pusat.

Mereka dijerat dengan Pasal 160 Kitab Undang-undang Hukum Pidana tentang menghasut masyarakat supaya melakukan perbuatan pidana sehingga terjadi kedaruratan kesehatan di masyarakat dan Pasal 216 KUHP. Daniel

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2020/12/keluarga-rizieq-shihab-belum-diperbolehkan-menjenguk-di-tahanan-mabes-polri/