GROBOGAN.NEWS Blora

Perayaan Natal 2020 Kedepankan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan intensif turun langsung ke lapangan memantau pelaksanaan kegiatan Natal di gereja gereja bersama Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi,SE,MM. Istimewa

BLORA, GROBOGAN.NEWS-Pelaksanaan perayaan Natal 2020 di Kabupaten Blora secara umum berjalan aman dan tertib protokol kesehatan.

Hal itu ditegaskan oleh Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, pada Minggu (27/12) siang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan,SIK,M.Hum setelah intensif turun langsung ke lapangan memantau pelaksanaan kegiatan Natal di gereja gereja bersama Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi,SE,MM.

Sepanjang kegiatan Natal kemarin pucuk pimpinan TNI Polri di Kabupaten Blora tersebut memantau langsung jalannya kegiatan, bukan hanya di wilayah Blora kota saja, namun juga melakukan pantauan hingg perbatasan Cepu.

Kapolres menyampaikan bahwa hingga saat ini tidak ada laporan kejadian menonjol dari enam belas Polsek jajaran di seluruh kabupaten Blora.

“Perayaan Natal 2020 Di Blora Aman dan Kondusif, serta disiplin protokol kesehatan, dimana dari Polsek jajaran tidak ada laporan kejadian menonjol, hal itu menandakan bahwa Natal di Blora aman,” ucap Kapolres Blora.

Kapolres mengapresiasi kepada seluruh elemen masyarakat kabupaten Blora, yang telah ikut berperan aktif dalam menjaga kondusifitas wilayah saat perayaan Natal tahun 2020.

“Tentunya kondusifitas wilayah ini adalah hasil kerja keras dari kita semua. Kami dari Polri dan TNI bukan apa-apa tanpa dukungan dari seluruh elemen masyarakat yang ada,” ucap Kapolres.

Menyikapi perkembangan situasi Covid-19 yang belum mereda, Kapolres berpesan kepada warga agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk antisipasi Covid-19.

“Apalagi sebentar lagi momen perayaan Tahun baru 2021 akan datang, tentunya perayaan malam Tahun baru tersebut harus diantisipasi jangan sampai menimbulkan klaster baru, oleh karena itu kepada warga agar menyambut malam Tahun Baru 2021 dilakukan secara sederhana dan tidak menimbulkan kerumunan,” kata Kapolres Blora.

Ia menegaskan jika ada warga yang menimbulkan kerumunan saat perayaan tahun baru 2021 maka petugas gabungan TNI Polri bersama Satgas Covid-19 tak akan segan untuk membubarkan.

“Alhamdulilah perayaan Natal berjalan aman dan sesuai protokol kesehatan. Selanjutnya adalah perayaan Tahun baru 2021, kami berharap agar tidak ada pelanggaran protokol kesehatan, karena perayaan Tahun baru kali ini dalam suasana pandemi Covid-19,” tegas Kapolres Blora.

Sementara itu dalam rangkaian peringatan Hari Natal Tahun 2020 guna memastikan keamanan dan kenyamanan ibadah di Gereja Katolik Santo Pius Blora, Anggota Polres Blora Polda Jawa Tengah, yang tergabung dalam satuan tugas Operasi Lilin Candi 2020 melakukan penyisiran menggunakan metal detektor di kawasan gereja. Penyisiran dilakukan satu jam sebelum kegiatan di gereja dimulai.

Bukan hanya di dalam ruangan gereja saja, petugas mengecek satu persatu ruangan mulai dari altar, meja dan kursi serta seluruh sudut sudut ruangan gereja. Selain itu sisi luar gerejapun tak luput dari sasaran metal detektor. Bahkan setiap jemaat yang akan masuk gereja wajib melalui pemeriksaan petugas dengan metal detektor.

Dalam pengecekan yang dilakukan oleh petugas, tidak ditemukan benda ataupun hal yang mencurigakan.

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan,SIK,M.Hum melalui Kabag Ops Kompol Supriyo,S.Sos,M.Si mengungkapkan bahwa pihaknya tidak mau underestimate dengan situasi yang ada. Meskipun pelaksanaan perayaan Natal di Blora relatif aman, namun kesiapsiagaan anggota tetap dilakukan sesuai dengan protap yang ada.

“Kita tidak mau kecolongan, Pengamanan tetap dilakukan sesuai dengan protap yang ada untuk antisipasi gangguan kamtibmas ataupun kejadian tidak di inginkan lainnya,” kata Kabag Ops.

Ia membeberkan bahwa kegiatan serupa dilakukan di seluruh wilayah jajaran Polsek Polres Blora di enam belas kecamatan dengan tujuan utama untuk menjamin keamanan dan kenyamanan ibadah Natal serta keamanan menjelang Tahun baru 2021.

“Intinya kita ingin menciptakan kondusifitas wilayah, saat perayaan Natal serta Tahun Baru 2021,” kata Kabag Ops Polre Blora. Ahmad