GROBOGAN.NEWS Umum

Menteri Agama Sebut Ada yang Menggiring Agama Jadi Norma Konflik

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Istimewa

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS-Belakangan, disinyalir ada kelimpok-kelompok tertentu yang berusaha menggiring agama menjadi norma konflik.

Sinyalemen itu dikemukakan langsung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut dalam sebuah acara Webinar.

“Bahasa ekstremnya, siapapun yang berbeda keyakinan, maka dia dianggap musuh dan karenanya harus diperangi. Istilah kerennya itu populisme Islam,” ujar Yaqut dalam sebuah acara webinar lintas agama, Minggu ( 27/12/ 2020) seperti dilansir kantor berita GROBOGAN.NEWS dari induk jaringan JOGLOSEMARNEWS.COM.

Sebagai Ketua GP Ansor sebelumnya, kata Yaqut, ia berkali-kali selalu mengatakan bahwa tidak ada Indonesia jika tidak ada Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu, Konghucu dan agama lokal lain.

Bangsa Indonesia, kata dia, berdiri sebagai kesepakatan antar kultur, antarbudaya dan antaragama.

“Jadi, barangsiapa ingin menghilangkan satu sama lain atas dasar agama, maka artinya mereka tidak mengakui Indonesia, mereka tidak memiliki rasa ke-Indonesiaan,” tuturnya.

Yaqut mengatakan tak ingin populisme Islam ini berkembang luas. Untuk itu, kata Yaqut, dalam pidato pertamanya sebagai Menteri Agama, ia mengajak seluruh rakyat Indonesia menjadikan agama sebagai sumber inspirasi dan bukan aspirasi.

“Karena aspirasi agama ini, kalau salah-salah orang bisa berbahaya,” ujar Yaqut. JOGLOSEMARNEWS.COM