GROBOGAN.NEWS Umum Pantura

Lomba Varietas Durian,  Komoditas Durian Jepara Jadi Primadona

Sebanyak 48 orang petani mengikuti lomba varietas durian yang digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Jepara, kemarin. Foto : Istimewa

JEPARA, GROBOGAN.NEWS-Sebanyak 48 orang petani mengikuti lomba varietas durian yang digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Jepara, kemarin.

Kepala DKPP Kabupaten Jepara melalui Kasi Produksi dan Usaha Hortikultura Zumiarsih mengatakan, meskipun di tengah pandemi, tidak mengurangi antusias peserta untuk mengikuti lomba durian, bahkan ada peningkatan peserta.

“Lomba durian yang biasanya dilaksanakan secara meriah dengan pameran hasil pertanian, kali ini dilaksanakan secara terbatas, karena masih dalam pandemi Covid-19,” kata dia.

Baca Juga :  Rehap Pasar Wiradesa untuk Bangkitkan Perekonomian Rakyat

Disampaikan, lomba tersebut digelar sebagai upaya Pemkab Jepara untuk mempertahankan palasmanutfah durian unggul Jepara. Seperti diketahui, durian Jepara memiliki banyak keunggulan dari segi rasa. Durian unggulan ini perlu dilestarikan dan diperbanyak agar varietas lokal ini tidak punah.

Ditambahkan, untuk perlombaa kali ini, peserta lomba hanya mengirimkan tiga buah duriah yang dilombakan untuk dinilai dewan juri. Selain itu, mereka juga harus mengirimkan foto pohon induk durian tersebut, sehingga tidak asal yang mengikuti lomba ini.

Baca Juga :  Kena Gejala Covid-19, Warga Diminta Tak Malu untuk Lakukan Pemeriksaan Medis

“Untuk pemenang nantinya akan kami daftarkan sebagai varietas durian unggul Jepara,” kata dia.

Ketua juri lomba durian Jepara Pratomo menyampaikan, lomba durian ini terintegrasi dengan lomba nasional sebagai upaya penyelamatan palasmanutfah. Dengan lomba ini, diharapkan durian Jepara bisa bersanding dengan durian luar yang memiliki nama besar. Lomba ini akan memunculkan durian unggul, seperti durian Petruk yang memiliki cita rasa khas.

Selain lomba durian, DKPP juga sudah melaksanakan lomba buah pisang, mangga pada Rabu (11/12/2020) dan lomba kopi pada Rabu (25/12/2020). Kegiatan dilaksanakan berbeda waktunya, karena musim mangga dan durian tahun ini berbeda. Ahmad