GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

KPK Dari Awal Sudah Peringatkan Mensos untuk Cegah Korupsi Bansos Covid-19, Tapi Nyatanya…

Firli Bahuri / tempo.co

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Menyusul rekannya eks Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Menteri Sosial Juliari Batubara terjerat kasus korupsi bantuan sosial (Bansos) Covid-19.

Sebenarnya, menurut pengakuan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, Menteri Sosial Juliari Batubara pernah diperingatkan oleh KPK untuk mencegah terjadinya korupsi dalam bantuan sosial Covid-19 tersebut.

“KPK sejak awal terjadinya pandemi telah melakukan berbagai upaya untuk melakukan pemberantasan korupsi dan upaya pencegahan,” kata Firli dalam konferensi pers yang disiarkan virtual, Minggu (6/12/2020) dini hari.

Surat pertama mengingatkan soal penggunaan anggaran pengadaan barang atau jasa dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 yang dikeluarkan 2 April 2020.

Sementara surat kedua tertanggal 21 April 2020 ihwal penggunaan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan data non-DTKS dalam pemberian bansos ke masyarakat.

Tak hanya itu, KPK juga membuat aplikasi JAGA Bansos, sehingga masyarakat dapat mengikuti tata kelola penyaluran bantuan. Bahkan, kata Firli, Deputi Bidang Pencegahan KPK memberikan pendampingan kepada kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah demi mencegah korupsi.

“Hal ini dimaksudkan supaya tata kelola keuangan dan angaran dilaksanakan transparan dan akuntabel,” ucap dia.

Upaya pencegahan berikutnya adalah KPK memberikan sejumlah rekomendasi perbaikan sejumlah program dan kebijakan pemerintah dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Perbaikan itu meliputi aspek kelembagaan, regulasi, dan tata laksana.

“KPK tetap berkomitmen untuk melakukan pemberantasan korupsi. Sampai hari ini dan akan datang tidak pernah bergeser,” ujarnya.

KPK menetapkan Menteri Sosial Juliari Batubara sebagai tersangka dugaan korupsi bansos Covid-19. Ia diduga menerima Rp 17 miliar dalam dua termin. Daniel

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2020/12/firli-bahuri-kpk-pernah-peringatkan-mensos-untuk-cegah-korupsi-bansos-covid-19/