GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Jokowi Kembali Masuk Daftar 50 Muslim Paling Berpengaruh Edisi 2021, Naik Satu Peringkat Dibanding Tahun Lalu. Ada 2 Lagi Tokoh Indonesia

Sampul buku The Muslim 500 atau 500 Muslim Paling Berpengaruh untuk edisi 2021. Foto: themuslim500.com

GROBOGAN.NEWS Presiden Joko Widodo kembali masuk dalam daftar 50 Muslim Paling Berpengaruh (The World’s Most Influential Muslims) edisi 2021. Selain itu ada dua nama tokoh Indonesia lainnya yang juga masuk dalam daftar tersebut.

Mengutip dari laman themuslim500.com, Jokowi kembali berada dalam daftar 50 besar tokoh Muslim paling berpengaruh di seluruh dunia. Tahun ini Jokowi menempati peringkat 12, naik satu peringkat dibandingkan tahun lalu yang berada di peringkat 13.

Dalam keterangannya, The Muslim 500 menuliskan Presiden Jokowi masih terbukti mendapat dukungan dari mayoritas rakyat Indonesia setelah kembali memenangkan pemilihan umum dengan perolehan 55,5 persen suara.

Situs tersebut juga menuliskan Jokowi sebagai sosok pemimpin yang jujur, meski dalam penanganan pandemi Covid-19 termasuk lambat dalam merespons dampak dan memberlakukan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Ahli Waris Korban Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Bisa Dapat Santunan dari BPJS Ketenagakerjaan, Dengan Catatan...

Presiden Jokowi juga menjadi salah satu dari sedikit pemimpin negara demokrasi yang masuk dalam daftar 50 Muslim Paling Berpengaruh. Selain Jokowi, pemimpin negara yang masuk daftar tersebut di antaranya ada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di peringat 1 dan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan di peringkat 15.

Namun ternyata tidak hanya Jokowi, tokoh asal Indonesia yang masuk daftar 50 Muslim Paling Berpengaruh. Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj, juga mencatatkan namanya di peringkat 18. Posisi itu juga naik satu peringkat dari tahun lalu.

Dalam keterangannya, The Muslim 500 menyebut jaringan NU yang luas dan memiliki basis di daerah pedesaan. Selain itu juga menyebut aktivitas Said Aqil di bidang sosial, HAM, serta reformasi pendidikan.

Baca Juga :  Pesawat Sriwijjaya Air Rute Jakarta-Pontianak Hilang Kontak di Sekitar Kepulauan Seribu. Bawa 56 Penumpang, Termasuk 3 Bayi

Satu lagi tokoh Muslim asal Indonesia yang masuk ke dalam daftar tersebut yakni Habib Lutfi bin Yahya, yang dikenal sebagai seorang ulama dan pendakwah. Ia juga menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden untuk periode 2019-2024.

The Muslim 500 awalnya adalah sebuah buku terbitan tahunan yang memuat daftar 500 nama tokoh Muslim yang dinilai memiliki peranan dan pengaruh besar di dunia. Buku yang terbit pertama pada tahun 2009 itu dikompilasikan oleh Pusat Pembelajaran Strategis Kerajaan Islam di Amman, Yordania.

Selain daftar 50 Muslim Paling Berpengaruh, buku tersebut juga memuat nama 450 tokoh Muslim dari berbagai bidang yang dianggap juga memiliki kontribusi besar bagi dunia.

Baca Juga :  Tim Gabungan Telah Menangkap Sinyal Black Box Pesawat Sriwijaya Air yang Jatuh di Perairan Kepulauan Seribu

Namun berbeda dengan daftar 50 peringkat teratas, untuk 450 nama lainnya tidak disusun dalam peringkat melainkan dalam bidang yang geluti. Salah satunya di bidang bisnis yang juga memuat nama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.