GROBOGAN.NEWS Umum Magelang

Jembatan Sungai Tuntung di Purbalingga Putus Akses Warga Desa Sirandu Terganggu

Sungai Tuntung Gunung wilayah Desa Sirandu, Kecamatan Karangjambu putus pada Selasa (29/12/2020). Istimewa

PURBALINGGA, GROBOGAN.NEWS-Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Purbalingga menyebabkan satu jembatan putus, Selasa (29/12/2020) sore. Jembatan tersebut berada di atas Sungai Tuntung Gunung wilayah Desa Sirandu, Kecamatan Karangjambu.

Kapolsek Karangreja Iptu Catur Subagyo menyampaikan bahwa jembatan putus terjadi sekira pukul 15.45 WIB. Penyebabnya akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut siang hingga sore hari.

Baca Juga :  Jawab Polemik, Pemkab Magelang Tak Pernah Terbitkan Izin Pertambangan, Sekda Adi Waryanto : Itu kan Kewenangan Pemerintah Pusat  

“Saat kejadian, hujan turun sangat lebat dan kondisi pondasi jembatan sudah menggantung karena erosi sungai. Akhirnya, jembatan dengan panjang 10 meter dan lebar 5 meter putus terbawa arus sungai,” jelas kapolsek.

Kapolsek menjelaskan bahwa jembatan di atas Sungai Tuntung Gunung merupakan penghubung Desa Sirandu dengan Purbasari Kecamatan Karangjambu. Karena kondisi jembatan putus maka akses jalan penghubung dua desa tersebut otomatis mati dan tidak bisa dilewati.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang Bertambah 220  Pasien, Terbanyak Berasal dari Klaster Keluarga

“Untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, akses menuju jembatan dipasang garis polisi, diberi penghalang dari bambu dan kayu untuk mencegah pengendara baik roda dua maupun roda empat melintasi jembatan tersebut,” kata kapolsek.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang Masih Melonjak, Sebanyak 23 Warga Dukun Terpapar Corona

Kapolsek menambahkan akibat jembatan putus maka arus dialihkan melalui jalur lain. Masyarakat di wilayah Desa Sirandu dan sekitarnya bisa memutar lewat jalan raya Desa Gondang – Desa Purbasari. Selain itu, bisa melalui jalan raya menuju Desa Sanguwatang. EDWARD