GROBOGAN.NEWS Blora

Jadi Kado Akhir Tahun, Bupati Koko Terima Penghargaan “Innovative Government Award Tahun 2020

Orang nomor satu di Kabupaten Blora yang akrab disapa Bupati Koko berkesempatan menghadiri secara langsung acara Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2020 bertempat di Hotel Sultan  Jakarta pada hari Jum’at (18/12) kemarin. Istimewa

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS-Bupati Blora Djoko Nugroho kembali berhasil meraih penghargaan prestisius dari Pemerintah Republik Indonesia.

Orang nomor satu di Kabupaten Blora yang akrab disapa Bupati Koko berkesempatan menghadiri secara langsung acara Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2020 bertempat di Hotel Sultan Jakarta pada hari Jum’at (18/12) kemarin

Acara yang merupakan bentuk kerjasama antara Kemendagri melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) berkolaborasi dengan Majalah Top Business merupakan kegiatan tahunan sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelengaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif, acara ini sendiri diselenggarakan dalam 4 sesi acara.

Dalam laporan pelaksanaannya, Kepala Balitbang Kementrian Dalam Negeri, Dr. Drs. Agus Fathoni, M.Si, menyampaikan bahwa jumlah inovasi daerah tahun 2020 ini meningkat sebesar 85 % dari tahun 2019.

“Tingkat partisipasi kegiatan inovasi daerah pada tahun 2020 ini sebesar 89,3% yang terdiri dari, 34 pemerintah provinsi (100%), 360 Pemerintah Kabupaten (86,7%) Dan 90 Pemerintah Kota (96,7%), dengan jumlah inovasi sebanyak 14.897 inovasi atau meningkat sebesar 85% dari tahun sebelumnya yang sebanyak 8.014 inovasi,” papar Kepala Balitbang Kemendagri.

Baca Juga :  Tegakan Perda No.1 Tahun 2019, Pelayanan Kesehatan di Pasar Hewan Digencarkan

Kepala Balitbang menyampaikan bahwa setelah dilakukan penjaringan dan penilaian mulai dari tanggal 20 Mei 2020 sampai dengan 21 Oktober 2020, maka dihasilkan sebanyak 195 pemerintah daerah dengan predikat sangat inovatif.

“Setelah dilakukan validasi validasi data mulai tanggal 22 September hingga 21 Oktober melalui pencocokan dan analisis data yang dilaporkan oleh pemerintah daerah,  maka dihasilkan ada 195 Pemerintah Daerah dengan predikat sangat inovatif yang terdiri dari, 21 Provinsi, 131 Kabupaten dan 43 Kota,” kata Ucap Agus Fatoni.

Selanjutnya, membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri, Sekretaris Jendral Kementrian Dalam Negeri, DR. Ir. Muhammad Hudori, M.Si, menyampaikan apresiasi kepada seluruh Pemerintah Daerah dalam mereformasi sektor pelayanan publik dan kelola pemerintahan.

“Acara ini saya anggap momentum yang sangat baik dan perlu di apresiasi terhadap langkah besar yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam mereformasi sektor pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan daerah melalui berbagai inovasi daerah baik dalam bentuk di bidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintah dan bentuk inovasi pemerintah daerah lainnya sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangannya,” terang Sekjen Kemendagri.

Baca Juga :  Sinergitas Jaga Kondusifitas Daerah Terus Diperkuat

Sekjen Kemendagri juga menyampaikan bahwa Kemendagri selalu menekankan pelaksanaan urusan pemerintahan daerah harus diselenggarakan dengan prinsip efektifitas dan efisiensi dimana hal tersebut bisa dicapai.

“Kemendagri selalu menekankan pelaksanaan urusan pemerintahan daerah harus diselenggarakan dengan prisip efektifitas dan efisiensi dimana hal tersebut tentu bisa dicapai dengan penerapan berbagai inovasi yang didahului oleh perubahan, jadi harus ada perubahan pola mindset penyelenggara pemerintah itu sendiri,” ujar Muhammad Hudori.

Selanjutnya acara penyerahan Penghargaan IGA untuk Kategori Kabupaten sangat Inovatif pada sesi acara pertama salah satunya diserahkan Kementrian Dalam Negeri melalui Sekjen Kemendagri kepada Bupati Blora.

Bupati Blora, Djoko Nugroho saat dihubungi menyampaikan terima kasih kepada seluruh aparatur Pemerintah Daerah atas kinerjanya selama ini sehingga Kabupaten Blora bisa mendapatkan Penghargaan Kabupaten sangat Inovatif dalam IGA 2020.

“Terima kasih sebesar – besarnya saya sampaikan kepada seluruh aparatur Pemerintah Daerah mulai dari ASN (Aparatur Sipil Negara) sampai PTT-nya (Pegawai Tidak Tetap) atas kinerjanya selama ini sehingga Kabupaten Blora bisa mendapatkan Penghargaan ini,”ucap Djoko Nugroho.

Baca Juga :  Penasaran dengan Kampung UMKM di Blora, Inilah Ulasannya

Selanjutnya, Bupati juga menyampaikan bahwa ini merupakan kado yang terindah atas kinerja seluruh aparatur Pemerintah Daerah Kabupaten Blora.

“Saya juga ingin menyampaikan kepada seluruh aparatur Pemerintah Kabupaten, ini merupakan kado akhir tahun yang sangat indah, dimana segala bentuk kerja keras kita untuk melakukan inovasi pelayanan publik dan tata kelola pemerintah yang dilakukan selama ini, diapresiasi oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemendagri. Maturnuwun sanget, aparatur Pemkab top,” pungkas dia. Ahmad