GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Ini Daftar Lengkap 6 Menteri dan 5 Wakil Menteri Baru yang Dilantik Jokowi

Suasana pelantikan menteri dan wakil menteri oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (23/12/2020). Foto: YouTube/Sekretariat Presiden

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS Presiden Joko Widodo telah resmi melantik enam menteri baru yang sempat diperkenalkan sehari sebelumnya. Tak hanya pejabat menteri, Presiden Jokowi juga melantik lima wakil menteri baru di Istana Negara, Rabu (23/12/2020).

Prosesi pelantikan menteri dan wakil menteri tersebut dilangsungkan sekitar pukul 09.30 WIB. Acara pelantikan dilakukan secara sederhana dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Enam menteri yang mengucap sumpah jabatan yakni Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, serta Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Tak hanya para menteri, Presiden Jokowi juga melantik lima wakil menteri baru, yakni Wakil Menteri Pertanian Harfiq Hasnul Qalbi, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Komar Syarief, Wakil Menteri Pertahanan Letjen Herindra, dan Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury.

Baca Juga :  Penanganan Kasus Korupsi Bansos Covid-19 Berlanjut, Komisaris Perusahaan Rekanan Giliran Diperiksa

Pernyataan Wamen

Wamenhan, Letjen Muhammad Herindra berharap dirinya bisa bekerja sama dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Hal tersebut tak lepas dari keduanya yang sama-sama memiliki latar belakang militer.

“Ini amanah yang harus saya lakukan dengan baik, tentunya saya akan bersinergi dengan Bapak Menteri Pertahanan,” ujarnya.

“Kami sama-sama dari militer, mudah-mudahan akan memudahkan kami untuk membawa misi di Kementerian Pertahanan,” jelasnya.

Sementara itu, Wamen BUMN Pahala Mansury menyatakan siap membantu Menteri BUMN Erick Thohir dan berkontribusi dalam pemulihan ekonomi Indonesia.

“Kami tugasnya membantu Bapak Menteri BUMN. Beliau selama ini sudah mengetahui kami sebagai Dirut BTN dan di Pertamina sebagai Direktur Keuangan. Tentunya arahan beliau, kami di BUMN terus melakukan transformasi. Bisa memberikan kontribusi yang tinggi untuk pemulihan ekonomi,” ujar Pahala.

Baca Juga :  PMI: Tiap Hari di Indonesia Butuh 200 Pendonor Plasma

Selanjutnya, Wamentan Harfiq Hasnul Qalbi, mengaku sempat menerima pesan dari Presiden Jokowi. Ia diberi tugas soal ketahanan pangan yang disebut menjadi hal serius saat pandemi Covid-19.

“Ada beberapa hal yang Bapak Presiden pesankan pada saya, terutama ketahanan pangan. Ke depan di tengah pandemi, menjadi hal yang sangat serius,” ungkapnya.

Sementara Wamenkes Dante Saksono Harbuwono, mengungkap bahwa dirinya diminta Presiden Jokowi untuk mempercepat serapan anggaran. Selain itu juga memprioritaskan vaksinasi Covid-19.

“Di tengah pandemi, maka serapan itu harus efektif dan maksimal. Lalu masalah vaksinasi yang penting dan harus didahulukan,” ujar Dante.

Baca Juga :  Inilah Penyakit Penyerta yang Boleh dan Tidak Mendapat Vaksin Covid-19 serta Sebabnya

Terakhir dari Wamenhum HAM, Edward Komar Syarief mengaku siap membantu Menkum HAM Yasonna Laoly dalam menjalankan visi misi presiden.

“Tugas wamen sudah tentu membantu menteri. Kami akan melakukan pembagian tugas, mana yang beliau (Yasonna Laoly) tangani, dan mana yang saya tangani,” paparnya.

www.tribunnews.com