GROBOGAN.NEWS Solo

Gantikan Letkol Yefta Sangkakala, Letkol Ade Afri Resmi Dilantik Jadi Danyonif 408 Sragen

Prosesi sertijab Danyon Raider 408 Suhbrastha Sragen yang dipimpin Danrem, Selasa (8/12/2020) / Wardoyo

SRAGEN, GROBOGAN.NEWS – Letkol Inf Ade Afri Vernandiex resmi menggantikan Letkol Inf Yefta Sangkakala sebagai Komandan Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 408/Suhbrastha Sragen.

Peralihan jabatan tersebut dilakukan dalam sebuah prosesi serah terima jabatan yang digelar sederhana, Selasa (8/12/2020).

Dalam kesempatan itu, Letkol Inf Ade Afri dilantik dan dikukuhkan langsung oleh Danrem 074 Warastratama Surakarta, Kolonel Inf Rano Tilaar.

Prosesi sertijab digelar di Mako Yonif 408 dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Danrem Kolonel Inf Rano Tilaar menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan pengabdian yang diberikan Letkol Yefta selama mengemban tugas di Yonif 408.

Ia berharap pengalaman tugas berharga itu dapat dimanfaatkan sebaik mungkin guna mengemban tugas lebih lanjut sebagai Dandim 0731/Kulon Progo Korem 072/Pamungkas.

“Selanjutnya kepada Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, saya sampaikan selamat atas jabatan baru sebagai Danyonif Raider 408/Suhbrastha. Selaku pejabat baru, segera beradaptasi terhadap lingkungan satuan, pahami tugas dan tanggung jawab sebagai Danyon, serta berusaha menjalin koordinasi dengan satuan yang ada diwilayah Korem 074/Warastratama guna mendukung tugas pokok satuan,” papar Danrem.

Dalam kesempatan itu, Danrem meminta kepada Danyon yang baru agar segera mengenali kondisi dan situasi aspek kehidupan masyarakat sekitar markas.

Sehingga dapat menentukan langkah pembinaan satuan yang senantiasa selaras dengan lingkungan markas berada.

“Tingkatkan kinerja dan nama baik satuan ini yang meliputi berbagai aspek kehidupan prajurit termasuk disiplin, jiwa korsa. Kemudian semangat pengabdian dan jiwa juang, profesionalisme keprajuritan, soliditas dan solidaritas satuan serta aspek keimanan dan ketaqwaan,” terangnya.

Sementara, kepada seluruh Prajurit Yonif Raider 408/Suhbrastha, Danrem berpesan untuk berpartisipasi secara aktif dengan menorehkan tinta emas di dalam satuan.

Sehingga selalu tercipta prestasi-prestasi yang membanggakan untuk satuan Korem 074/Warastratama, untuk Kodam IV/Diponegoro, TNI AD pada umumnya dan kepada Bangsa dan Negara.

“Salah satunya adalah dengan memberikan kontribusi positif dalam mendukung langkah-langkah kebijakan Komando atas dengan ikhlas dan penuh antusias. Laksanakan segala kewajiban dan tanggung jawab masing-masing secara profesional dan proporsional demi kemajuan Batalyon yang menjadi kebanggaan Korem 074/Warastratama,” tandasnya.

Di bagian akhir, Danrem juga menekankan tujuh poin penting dalam pelaksanaan tugas di satuan Yonif 408 maupun di jajaran TNI.

Tujuh poin itu meliputi yang pertama memegang teguh Netralitas TNI di Pilkada 2020 yang akan dilaksanakan esok hari tanggal 9 Desember 2020.

Kedua, melakukan pemetaan situasi politik dan daerah konflik. Ketiga diminta mengutamakan upaya pencegahan persuasif dalam penanganan konflik.

“Antisipasi jangan sampai muncul menjadi gangguan nyata. Keempat, kolaborasi dengan semua elemen masyarakat. TNI harus menyatu dengan Polri dan rakyat, untuk melakukan langkah- langkah antisipasi,” terangnya.

Kelima, dipesan jaga kebersamaan, sinergi dan soliditas, antara TNI-Polri dari tingkat atas sampai level bawah, sampai tingkat Polsek dan Koramil.

Keenam, memegang teguh prinsip kesatuan komando, dan loyalitas tegak lurus serta sejahterakan anak buah.

“Dan poin ketujuh, selalu ikuti perkembangan global yang berubah dengan cepat dan kompleks serta penuh dengan resiko,” pungkas Danrem. Wardoyo

Berita ini sudah dimuat di  https://joglosemarnews.com/2020/12/letkol-ade-afri-resmi-dilantik-jadi-danyonif-408-sragen-letkol-yefta-sangkakala-naik-jadi-dandim-kulonprogo-danrem-pesan-7-poin-penting-dalam-bertugas/