GROBOGAN.NEWS Blora

Digelar di Tengah Pandemi, Partisipasi Pemilih Pilkada Blora Lampaui Target Nasional

Ketua KPU Blora M. Khamdun.

BlORA, GROBOGAN.NEWS-Meski digelar di tengah pandemi virus corona, partisipasi pemilih pada pemilihan bupati dan wakil bupati Blora pada 9 Desember 2020 mencapai 77,63 persen. Angka tersebu telah melebihi target nasional sebesar 77,5 persen.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Blora M. Khamdun setelah menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blora tingkat kabupaten Blora, Selasa (15/12) kemarin.

Dari data rekapitulasi dapat disimpulkan bahwa partisipasi pemilih mencapai 77,63 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 700.995 pemilih. Angka tersebut sesuai dengan target KPU setempat.

Baca Juga :  Arief Rohman dan Tri Yuli Setyowati Ikuti Gladi Bersih Pelantikan

“Targetnya 77,5 persen, dengan demikian sudah sesuai target,” ucap Khamdun.

Berdasarkan hasil rekapitulasi, paslon Artys (Arief Rohman-Tri Yuli Setyowati) mendapatkan sebanyak 318.380 suara atau 59.71 persen. Sementara, paslon Umat (Umi Kulsum-Agus Sugiyanto) mendapatkan 199.646 suara. Sedangkan, paslon Asri (Dwi Astutiningsih-Riza Yudha Prasetia) memperoleh 15.187 suara.

Adapun total suara sah berdasarkan perhitungan resmi KPU Blora yakni sebanyak 533.213 suara. Tercatat suara tidak sah yakni 10.970 suara atau total partisipasi pemilih sebanyak 544.183 suara.

Rapat pleno dihadiri Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Bawaslu Blora, perwakilan pasangan Cabup-Cawabup dan sejumlah saksi. Protokol kesehatan dan penjagaan dari TNI-Polri diberlakukan secara ketat.

Baca Juga :  Dilantik Bupati, Arief Rohman Ajak Sesarengan ‘Mbangun’ Blora

Ketua KPU Blora M. Khamdun menyatakan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada semua pihak serta partisipasi warga masyarakat yang telah mempunyai hak pilih sehingga pelaksanaan pemungutan suara Pilkada 2020 berjalan dengan aman dan tertib.

“Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya proses tahapan Pilkada 2020 yang telah berjalan dengan baik,” ucap Khamdun.

Kepada tim Paslon 1,2,3 disebut Khamdun telah mengikuti dengan segala upaya proses dan menghormati segala proses yang dilakukan oleh seluruh penyelenggara pada saat pemungutan dan penghitungan suara.

Baca Juga :  Arief Rohman dan Tri Yuli Setyowati Ikuti Gladi Bersih Pelantikan

Semuanya, kata Khamdun, mempunyai komitmen yang baik untuk menjaga kondusifitas, keamanan sehingga seluruh proses pemlihan Bupati dan Wakil Bupati telah berjalan dengan baik pula.

“Tentunya ini adalah upaya kita bersama-sama,” kata dia.

Rapat pleno dilaksanakan dan dimulai karena telah memenuhi kuorum. Rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tingkat kabupaten Blora dimulai dari PPK Jati disusul lainnya dari 16 kecamatan. Ahmad