GROBOGAN.NEWS Demak

APK di Kabupaten Demak Telah Ditertibkan

Petugas Paswancam Kecamatan Karangawen melaksanakan penertiban APK, kemarin. Foto : Istimewa

DEMAK, GROBOGAN.NEWS-Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 tinggal menghitung hari. Masyarakat Indonesia di sejumlah daerah akan menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada yang akan diselenggarakan Rabu (9/12) besok.

Pilkada 2020 kali ini diselenggarakan untuk memilih kepala daerah di 270 daerah, dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Sementara di Jawa Tengah, Pilkada akan digelar di 21 kota/kabupaten, termasuk di Kabupaten Demak.

Sebelum pencoblosan, sesuai jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU), terdapat dua tahapan penting dalam Pilkada Serentak 2020, yakni kampanye dan masa tenang.

KPU menetapkan jadwal masa kampanye pada 26 September-5 Desember 2020. Sementara itu, masa tenang akan berlangsung 3 hari sebelum pencoblosan, yakni pada 6-8 Desember 2020.

Baca Juga :  Dalam 1,5 Bulan, Layanan SPAN Lapor Terima 212 Aduan

Alat peraga kampanye (APK) kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Demak yang masih terpampang di beberapa lokasi telah ditertibkan.

Hal itu disampaikan Ketua Panwascam Karangawen Slamet Riyadi pada memimpin apel persiapan pembersihan APK di halaman Kantor Kecamatan Karangawen, kemarin. Sebab, sudah memasuki masa tenang.

“Kita sudah berikan surat secara tertulis kepada tim pemenangan kedua Paslon. Kita sekarang tinggal ekseskusi pembersihannya,” jelasnya.

Baca Juga :  Dalam 1,5 Bulan, Layanan SPAN Lapor Terima 212 Aduan

Dijelaskan, pembersihan APK dimulai dari Kantor Kecamatan Karangawen menuju ke arah barat, sepanjang jalan Raya Karangawen Kuripan-Bumirejo.

Kemudian, dilanjutkan perempatan Desa Brambang Karangawen ke arah selatan (jalan desa Brambang, jalan Desa Tlogorejo, Desa Rejosari, Desa Jragung, Desa Wonosekar, Desa Margohayu dan Desa Teluk), kemudian perempatan Desa Brambang Karangawen ke arah utara di sepanjang Jalan Brambang menuju Desa Pundenarum. Dan terakhir dari Pasar Karangawen menuju ke arah timur, sepanjang jalan Desa Brambang sampai Desa Sidorejo.

Usai pembersihan, Slamet menyampaikan, pihaknya sudah membersihkan 570 MMT atau spanduk yang ditemukan di jalan-jalan, baik yang berukuran besar ataupun kecil.

Baca Juga :  Dalam 1,5 Bulan, Layanan SPAN Lapor Terima 212 Aduan

“MMT dan spanduk yang tim temukan, kemudian dilakukan pembersihan dan pencopotan,” terang Slamet. Yanti