GROBOGAN.NEWS Semarang

Anak Berkebutuhan Khusus Punya Hak Sama untuk Dapatkan Pendidikan, Orang Tua Diminta Tidak Malu

SALATIGA, GROBOGAN.NEWS-Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengajak orang tua siswa agar tidak malu apabila memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) . Menurutnya, anak tersebut harus menikmati pendidikan yang layak dan tanpa diskriminasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Yuliyanto saat meresmikan Unit Layanan Disabilitas Bidang Pendidikan Inklusif dalam Smart Resources Center (SRC) dan Galeri Inovasi Pendidikan, di Gedung Ex. UPT Sidomukti, Jalan Stadion Kelurahan Kalicacing Salatiga, Selasa (29/12/2020).

Yuliyanto menyebutkan, Pemerintah melalui Dinas Pendidikan secara regulasi telah mengatur ke dalam Perwali mengenai  pendidikan  anak-anak  berkebutuhan khusus. Disamping itu, dari Dinas Pendidikan juga sudah banyak kegiatan yang digelar bagi anak berkebutuhan khusus.

“Yang perlu didorong sekarang adalah kesadaran orang tua siswa, bahwa orang tua jangan merasa malu. Kita harus memberikan bimbingan dan dorongan  kepada anak agar bisa berkreasi dan menikmati  pendidikan dengan baik,”kata Yuliyanto.

Dengan adanya Smart Resources Center (SRC)  tersebut, dirinya berharap agar tempat ini anntinya bisa menampung anak-anak didik yang kebutuhan khusus. Mereka bisa belajar dan menerima layanan pendidikan di dalamnya.

“Ini merupakan bagian dari pembangunan manusia di bidang pendidikan bagi semua siswa,”jelasnya.

Selain itu, Yuliyanto juga mendorong agar inovasi dan terobosan baru dari sekolah baik dari pelajar maupun dan guru SD dan SMP bisa dikembangkan dan dipamerkan di galeri inovasi pendidikan.

“ Ayo sekolah berlomba untuk membuat inovasi dan terobosan batu dan hasilnya akan ditayangkan disini. Sehingga murid dan guru akan melihat hasil karyanya secara langsung disini, tambahnya.

Yuni Ambarwati, Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga menjelaskan bahwa selama masa pandemi covid-19, pembangunan fisik dari Dinas Pendidikan terus dilakukan. Hal ini digunakan untuk meningkatkan layanan pendidikan yang ada di Kota Salatiga.

“Alhamdulillah pembangunan fisik sudah mencapai 94 persen, kemudian kita jugua melakukan screening anak-anak kebutuhan khusus di  5 SMP dan 2 SD. Dan assessment anak anak yang diduga berkebutuhan khusus sebanyak 372 siswa dengan diberikan layanan konseling,”ungkapnya. P Yoga