GROBOGAN.NEWS Semarang

Akhir Januari 2021, Pedagang Pasar Bandungan Harus Siap Tempati Lokasi Baru

Ilustasi Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha saat berkoordinasi dengan jajarannya. Ist

UNGARAN, GROBOGAN.NEWS-Rencana pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di Bandungan oleh Kementerian PUPR terus berjalan. Para pedagang di Pasar Bandungan yang akan menjadi lokasi pembangunan telah setuju untuk pindah ke lokasi baru.

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Semarang akan melakukan landclearing pada awal Februari mendatang. Karenanya, para pedagang harus sudah dipindahkan maksimal akhir Januari tahun depan.

“Pembangunan RTH direncanakan pada bulan April. Sebelumnya kita akan lakukan landclearing dengan dana berasal dari APBD Kabupaten Semarang 2021,” terang Kepala DPU Kabupaten Semarang Totit F Oktoriyanto saat rapat koordinasi penataan kawasan wisata Bandungan di Gedung Dharma Satya Lantai II Kompleks Kantor Bupati Semarang di Ungaran, kemarin.

Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Semarang H Ngesti Nugraha. Hadir pada acara itu para pimpinan SKPD terkait, Camat Bandungan serta undangan lainnya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Totit, seluruh desain dan pengerjaan RTH dilakukan oleh Kementerian PUPR. Tak hanya itu, Pemprov Jateng juga ikut cawe-cawe dengan melebarkan jalan lingkar eks Pasar Bandungan senilai Rp10 miliar.

RTH Bandungan, lanjutnya, nantinya berupa taman pasif. Sehingga tidak bisa diakses oleh warga. “Ya, RTH Bandungan nantinya menjadi taman pasif. Akses masuk bagi pejabat VIP rencananya akan dibuat terowongan di dekat Kantor Lurah Bandungan,” ujarnya lagi.

Sementara itu Wakil Bupati H Ngesti Nugraha menegaskan pemindahan harus bisa diterima semua pihak terkait terutama pedagang. Penempatan para pedagang kios dan los di lokasi baru direncanakan 4-9 Januari 2021.

“Pemindahan pedagang itu yang harus diutamakan agar berjalan lancar dan dapat diterima semua pihak,” tegas Ngesti.

Kepala Dinas Diskumperindag Heru Cahyono mengatakan penataan pedagang pasar Bandungan di lokasi yang baru dilakukan berdasarkan komoditi. Berdasarkan pendataan, ada 288 los tertutup dan 710 los terbuka yang ditempati para pedagang sekarang.

“Sudah dilakukan sosialisasi pemindahan kepada para pedagang sejak bulan November lalu. Secara keseluruhan, pemindahan para pedagang telah siap dilakukan sesuai rencana,” kata Heru. P Yoga