GROBOGAN.NEWS Blora

Kapolda Jateng Tinjau Pengamanan di Wilayah Perbatasan Jateng-Jatim di Cepu

Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi, bersama Pejabat Utama Polda Jawa Tengah meninjau Pos Pelayanan Operasi Lilin Candi 2020 Polres Blora, tepatnya di Pos Yan perbatasan Cepu - Jawa Timur, Selasa (29/12/2020). Istimewa

BLORA, GROBOGAN.NEWS– Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, bersama jajarannya meninjau Pos Pelayanan Operasi Lilin Candi 2020 Polres Blora, tepatnya di Pos Yan perbatasan Cepu – Jawa Timur, Selasa (29/12/2020).

Peninjauan kali ini untuk memastikan pengamanan menjelang pergantian tahun baru 2021.

Peninjauan lokasi perbatasan Jateng-Jatim tersebut adalah salah satu rangkaian panjang Kunjungan Kerja orang nomor satu di Kepolisian Jawa Tengah tersebut.

Dalam giat kali ini, Kapolda Jateng didampingi oleh Karolog Polda Jateng Kombes Pol Bambang Riky Sidonarto, Dirreskrimum Kombes Pol Wihastono Yoga Pranoto, Dirlantas Kombes Pol Rudy Syafrudin, dan Dirsamapta Kombes Pol Hariadi serta Komandan Satuan Brimob Kombes Pol Basya Rasyananda.

Selain itu juga meninjau situasi di wilayah Kabupaten Demak, Kudus, Pati, Rembang, Blora serta Kabupaten Grobogan.

Baca Juga :  Lokasi Isolasi Terpusat Covid-19 di Blora Telah Disiapkan

Dalam kunjungan di Blora, Kapolda beserta rombongan disambut oleh Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, beserta Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi, bersama Pejabat Utama Polres dan Kodim 0721/Blora.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, menyampaikan bahwa pemantauan di wilayah perbatasan ini adalah untuk antisipasi kerawanan malam tahun baru 2021, baik dari gangguan kamtibmas ataupun pelanggaran protokol kesehatan yang dimungkinkan terjadi saat malam tahun baru 2021.

Ia menyebut bahwa di Pos Perbatasan Provinsi Jawa Tengah dengan provinsi luar Jawa Tengah telah dilakukan urai arus, yaitu arus yang ke dan dari Jawa Tengah akan dilakukan penyekatan pada saat malam tahun baru 2021.

Baca Juga :  Lokasi Isolasi Terpusat Covid-19 di Blora Telah Disiapkan

Apalagi di Blora sudah ada Surat edaran dari Bupati Blora terkait tidak ada pengumpulan massa pada saat tahun baru 2020.

Kapolda menegaskan bahwa selama perayaan malam tahun baru 2020 tidak ada petasan ataupun kembang api.

Untuk antisipasi hal tersebut akan di lakukan patroli mobiling yang akan dilakukan oleh petugas gabungan dari Polri dan TNI serta instansi terkait lainnya.

“Dan untuk antisipasi kerawanan malam tahun baru tersebut akan di bentuk gugus tugas khusus pengamanan malam tahun baru,  yang terdiri dari tim gabungan, untuk antisipasi Covid-19. Termasuk juga kegiatan di hotel-hotel, ruang pertemuan ataupun tempat wisata akan diperketat penjagaannya, jangan sampai menimbulkan kerumunan saat malam tahun baru,” tegas Ahmad Luthfi.

Baca Juga :  Lokasi Isolasi Terpusat Covid-19 di Blora Telah Disiapkan

Skala prioritas

Sementara itu untuk kendaraan yang keluar masuk di perbatasan Jawa Tengah pada saat malam tahun baru, akan diberlakukan skala prioritas.

Kendaraan yang boleh lewat hanya kendaraan yang mengangkut barang kebutuhan pokok ataupun kendaraan penumpang umum. Kapolda menegaskan larangan adanya arak arakan ataupun pawai yang masuk di wilayah Jawa Tengah.

Kapolda juga mengimbau kepada petugas Pos Pam untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan tugas.

Yaitu dengan disiplin 4 M. Mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, serta menghindari kerumunan. Dalam kunjungan tersebut Kapolda juga menyerahkan bingkisan kepada petugas Pos Yan Operasi Lilin Candi 2020 di Cepu Kabupaten Blora. Ahmad