GROBOGAN.NEWS Umum Magelang

APBD 2021, KONI Kabupaten Magelang Dapat Anggaran Rp1,25 Miliar

Bupati Magelang, Zaenal Arifin saat pelantikan pengurus KONI masa bakti 2020-2024 sekaligus pembukaan Rapat Anggota KONI, Selasa (29/12/2020). Istimewa

MAGELANG, GROBOGAN.NEWS-Pemerintah Kabupaten Magelang terus berkomitmen mendukung program-program peningkatan sektor olahraga terutama prestasi para atlet.

Salah satu buktinya dengan memberikan dana hibah kepada KONI Kabupaten Magelang sebesar Rp1,25 miliar pada tahun anggaran 2021.

Hal ini diungkapkan Bupati Magelang, Zaenal Arifin saat pelantikan pengurus KONI masa bakti 2020-2024 sekaligus pembukaan Rapat Anggota KONI, Selasa (29/12/2020).

Tidak kalah pentingnya, Zaenal meminta kepada KONI Kabupaten Magelang agar melibatkan para pakar olahraga dalam menyusun program-program pelatihan peningkatan prestasi atlet.

Programnya yakni pelatihan saat pandemi maupun pasca pandemi, program pemberian nutrisi untuk para atlet, program peningkatan imunitas atau daya tahan tubuh para atlet di kala pandemi, serta program penerapan protokol kesehatan bagi para atlet saat mengikuti pelatihan bersama.

Menurutnya, tantangan KONI Kabupaten Magelang dalam meningkatkan prestasi para atlet semakin berat dengan adanya pandemi Covid-19.

“Saya titip pesan secara khusus agar ada pembahasan mengenai langkah dan strategi untuk meningkatkan prestasi atlet Kabupaten Magelang di masa pandemi Covid-19, karena bagaimanapun meski ada pandemi, tetapi performance dan prestasi atlet harus terus ditingkatkan,” tutur, Zaenal.

Adapun susunan pengurus KONI Kabupaten Magelang masa bakti 2020-2024 diantaranya, Ketua KONI Kabupaten Magelang Kardjanto Wignjowidodo, Wakil Ketua 1 Sani Bocahyono, Wakil Ketua 2 Muhammad Subiyantara, Wakil Ketua 3 Suwarsa, Sekretaris Agung Nugroho, Wakil Sekretaris Sugeng, Bendahara Wiwik Wijayanti Suryaningsih, Wakil Bendahara Nur Susilo.

Ketua KONI Kabupaten Magelang, Kardjanto Wignjowidodo berharap kepengurusan KONI masa bakti 2020-2024 dapat melanjutkan dan meningkatkan pembinaan olahraga prestasi di Kabupaten Magelang.

Ia mengatakan Kabupaten Magelang merupakan gudangnya para atlet di berbagai cabang olahraga. Hal ini merupakan peluang sekaligus tantangan bagi KONI Kabupaten Magelang untuk bisa memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk pengembangan olahraga prestasi.

“Tentu kita bertekad memaksimalkan potensi yang kita miliki dengan terus mengadakan peningkatan sarana penunjang yang dibutuhkan secara berkelanjutan,” katanya.

Sementara, Ketua Umum KONI Provinsi Jawa Tengah, Brigjen TNI (Purn) Subroto berpesan kepada para pengurus KONI Kabupaten Magelang yang baru untuk bisa mengimplementasikan kebijakan Gubernur Jawa Tengah terkait dengan ‘Good Sport Government’.

“Sering kami singgung bahwa indikator utama Good Sport Government adalah masalah tata kelola organisasi yang baik,” tutur Subroto.

Melalui kepengurusan KONI Kabupaten Magelang yang baru, Subroto berharap pengelolaan organisai dapat dilakukan secara sinergi dan tidak ada permasalahan di kemudian hari.

“Itu wujud yang pertama. Wujud implementasi Good Sport Government yang kedua adalah bisa menciptakan prestasi atlet. Yang tadinya (Kabupaten Magelang) mendapatkan 12 emas, 5 perak, dan 19 perunggu dengan urutan 18 dari 35 Kabupaten/Kota, maka ini harus ditingkatkan lagi mungkin bisa di urutan 15 atau 10 besar di Porprov tahun 2022,” pungkas, Subroto. F Lusi