GROBOGAN.NEWS Grobogan

Rayakan Natal, AKBP Jury Leonard  Apresiasi Tingginya Toleransi Warga Kabupaten Grobogan Terhadap Umat Nasrani

Istimewa

PURWODADI, GROBOGAN.NEWS-Seluruh umat nasrani menyambut datangnya Hari Natal sebagai hari kelahiran Kristus dengan berbagai cara pada Jumat (25/12/2020) hari ini.

Kapolres Grobogan, AKBP Jury Leonard Siahaan mengatakan, ada perbedaan momen natal di tahun ini dan tahun sebelumnya.

Jika tahun sebelumnya, ia bersama seluruh keluarga besar bersama-sama datang ke gereja untuk ibadah natal dan merayakan peristiwa setahun sekali itu. Di tahun ini, peringatan natal tersebut dilaksanakan secara per keluarga di rumah masing-masing demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Ini pengalaman pertama bagi kami sekeluarga merayakan Natal. Tahun kemarin, kami masih merayakan natal di Jakarta. Perayaan natal di Purwodadi, tentu jauh berbeda dengan perayaan natal di Jakarta, apalagi di tengah masa pandemi,” kata Kapolres.

“Dimana, kami harus mempersiapkan ibadah di rumah dengan menggunakan Live streaming. Tentu banyak sekali perbedaannya. Biasanya setelah ibadah malam natal dan ibadah hari natal kami berkumpul dengan keluarga dan saudara, saling berbagi kado, tapi sekarang hanya keluarga inti saja tapi tidak mengurangi makna dari Natal. Intinya masih bersyukur diberikan kesempatan untuk merasakan natal di tahun ini,” sambung Kapolres.

Baca Juga :  Terlibat  Aksi Balapan Liar, Sebanyak 30 Remaja Diamankan, Sebelum Diberikan Pembinaan Sebagian Remaja Diwajibkan Mendorong Sepeda Motornya  

Pihaknya bersyukur, suasana kamtibmas di wilayah Grobogan, sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum natal. Dari penilaiannya, tingkat toleransi masyarakat Kabupaten Grobogan juga sangat tinggi terhadap umat nasrani.

“Rekan-rekan di Polres Grobogan dan masyarakat sendiri sangat toleransi. Yang saya alami dan perhatikan toleransinya sangat tinggi terhadap umat nasrani,” tutur pria dua ini.

Meski di tengah momen Natal ini, Kapolres tetap mengimbau kepada umat Nasrani di Kabupaten Grobogan untuk menjalani ibadah dengan aman. Yakni melalui streaming.

Baca Juga :  Satgas Covid-19 Kembali Bubarkan Hajatan Pesta Pernikahan di Toroh

Ini dilakukan agar mengurangi kerumunan sebagai salah satu upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Sesuai dengan himbaun Pemerintah dan melihat angka masyarakat Grobogan yang terinfeksi (Covid-19) juga mengalami kenaikan. Tentu himbauan kami agar Ibadah dilakukan secara Streaming untuk menghindari berkerumunnya jemaat di gereja,” terang dia.

“Namun apabila Gereja memutuskan ibadah dilakukan tatap muka, maka kami menghimbau agar benar-benar mematuhi Protokol kesehatan. Kapolri telah mengeluarkan Maklumat, maka kami akan melakukan koordinasi dengan Tokoh Agama, pendeta, romo atau yang dituakan digereja untik mematuhi protokol kesehatan dan apabila mash tetap melanggar, maka tentu kami sebagai Gugus Tugas Covid akan melakukan upaya-upaya secara bertahap untuk menghindari terjadinya kerumunan masyarakat,” ujar suami dari Nyonya Gina ini.

Baca Juga :  Kebakaran Rumah Desa Rajek Diduga Berawal dari Korden yang Dibakar  

Pihaknya juga mengucapkan selamat natal

kepada masyarakat Kabupaten Grobogan yang merayakannya. Meski di tengah pandemi, kata dia, tidak mengurangi momen peringatan natal tahun ini.

“Selamat Natal 2020 kepada semua umat Nasrani yang merayakannya. Tetap bersyukur meski di tengah pandemi, kita semua masih merasakan momen natal ini,” imbuh Kapolres. Ary