BATANG, GROBOGAN.NEWS-Di masa pandemi, masyarakat diharapkan tetap waspada terhadap ancaman penyakit lain, seperti demam berdarah dengue (DBD). Untuk itu, berbagai upaya pemberantasan nyamuk demam berdarah harus digalakan.

Di Kabupaten Batang, ada cara unik upaya pemberantasan jentik nyamuk. Metode pemberantasan ini dengan pembagian ikan cupang secara gratis.

Ratusan ekor ikan cupang dibagikan gratis oleh Komunitas Rukun Beta Batang kepada warga sebagai media pembasmi jentik-jentik nyamuk, belum lama ini. Upaya itu sebagai bentuk pencegahan penyakit DBD.

Wakil Ketua Rukun Beta Batang, Bayu Komarudin, saat ditemui di wilayah Kauman, mengemukakan, langkah tersebut didasarkan pada hasil penelitian yang diterbitkan di Jurnal Sains Nasional Universitas Nusa Bangsa.

Riset tersebut menunjukkan bahwa ikan cupang memiliki daya makan paling banyak 89 ekor jentik dalam waktu enam jam, sedangkan ikan guppy hanya mampu memakan paling banyak 47 ekor jentik nyamuk.

“Anggota kami membagi-bagikan 600 ekor ikan cupang untuk membasmi jentik-jentik nyamuk, supaya tidak bisa berubah menjadi nyamuk dewasa. Apalagi sekarang sudah musim hujan dan jentik nyamuk bisa dipergunakan untuk pakan ikan cupang,” terang Bayu, kemarin.

Halaman:
‹‹   1   2   3   Baca Selanjutnya ›   ››   All