GROBOGAN.NEWS Semarang

Pembangunan Jalan Sriwijaya Harus Segera Digarap

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang akrab disapa Hendi saat meninjau lokasi pembangunan Jalan Sriwijaya, Kota Semarang. Foto : Istimewa

SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Pemerintah Kota Semarang memprioritaskan pembangunan ruas Jalan Sriwijaya.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menekankan pembangunan tersebut dapat dimulai pada Januari 2021.

Hal itu ditegaskan Hendi sapaan akrab orang nomor satu di Kota Semarang tersebut.

mengingat jalur yang menjadi rencana jalur tambahan telah siap untuk dilakukan pembangunan.

“Jika tidak segera dilaksanakan (pembangunan Jalan Sriwijaya)  akan mempersulit aktivitas masyarakdengan kondisi lahan yang belum digarap,” terang dia, kemarin.

“Saya mengajak sedulur-sedulur DPU untuk bersama mengecek kondisi lapangan, sekaligus menekankan kepada untuk project ini dapat dimulai di awal tahun 2021,” imbuh Hendi.

Baca Juga :  Angka Kejahatan Sepanjang Tahun 2020 Alami Penurunan Dibanding 2019

Lebih lanjut, Hendi mengungkapkan, pembangunan Jalan Sriwijaya diperkirakan menelan biaya sekitar 10 Milyar Rupiah. Sehingga penting untuk menjadi perhatian Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang, karena menjadi salah satu project prioritasnya di tahun 2021.

“Selain mengurai kepadatan, semakin cepatnya pembangunan dilakukan akan lebih mempermudah akses keluar masuk sedulur-sedulur sekitar,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Kota Semarang, Sih Rianung mengungkapkan, pembangunan lajur baru jalan Sriwijaya akan dikerjakan secara swakelola.

“Tadi kami sekaligus berdiskusi bersama, bagaimana mengejak pekerjaan ini dengan swakelola, yang tentu menjadi tantangan tersendiri, tapi kami tegaskan kami siap. Dan memang di tahun 2021 fokus kami ada pada Jalan Sriiwijaya ini dan juga pembangunan jembatan kaca di Tinjomoyo,” jelasnya.

Baca Juga :  Vaksinasi Covid-19 Upaya Ikhtiar untuk Perkuat Tenaga Kesehatan

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kota Semarang, Suriyaty menambahkan, pembangunan jalan akan dilakukan pada sisi dalam drainase dengan lebar 4,5 meter hingga 9 meter.

“Jadi sifatnya kita menambah lajur, jalan eksisting yang ada saaat ini nanti hanya akan digunakan satu arah menuju Jalan Pahlawan, sedangkan untuk menuju ke pertigaan Singosari akan menggunakan lajur baru yang akan dibangun ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Pemberlakuan PKM Fokus Tekan Penularan Covid-19

“Ini tinggal pengerjaan fisiknya saja, lahannya sudah siap, desainnya juga sudah ada,” imbuh dia. Kahlil Tama