GROBOGAN.NEWS Blora

Gerakan Penanaman Pohon Terus Digencarkan

Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar kerja bakti dan tanam bibit pohon di sekitar Bendungan Randugunting, Japah dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) ke-75 tahun 2020. Foto : Istimewa

BLORA, GROBOGAN.NEWS.COM-Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar kerja bakti dan tanam bibit pohon dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) ke-75 tahun 2020.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Ir. Samgautama Karnajaya,MT melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air Wilayah I, Surat,ST,MT mengemukakan puncak acara dilaksanakan pada hari Sabtu (5/12) di Bendungan Randugunting Desa Kalinanas, Kecamatan Japah.

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama dengan BBWS Pemali Juana dengan melaksanakan penanaman bibit pohon serentak di area lokasi waduk dan bendungan di seluruh Indonesia di bawah koordinasi Kementerian PUPR.

“Jadi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora Kamis (3/12/2020) hingga Sabtu (5/12/) menggelar kegiatan dalam rangka hari Bhakti PUPR yang diperingati 3 Desember 2020. Ini peringatan Hari Bhakti PUPR ke-75 dengan tema Sigap Membangun Negeri,” jelas Surat, di Blora, Selasa (8/12).

Selain penanaman bibit pohon serentak, kata Surat, juga dilaksanakan gotong royong bersama masyarakat membersihkan sampah di bendung Patihan Desa Ketileng Kecamatan Todanan.

“Gotong royong itu digiatkan dalam rangka antisipasi banjir dan giat pemeliharaan jaringan irigasi,” kata Surat.

Di masa pandemi ini, Kementerian PUPR terus berupaya mendukung pencegahan Covid-19. Pembangunan infrastruktur dan perumahan diharapkan dapat membantu masyarakat dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari.

Sementara itu memasuki musim penghujan pihaknya juga menggiatkan petugas Operasi dan Pemeliharaan (OP) di bendung gerak untuk pelayanan masyarakat dalam pengendalian banjir dan menyosialisasikan pencegahan Covid-19.

“Hujan deras yang terjadi di Blora beberapa hari ini menyebabkan volume air bendungan mulai meningkat sehingga harus dikendalikan. Pintu air dibuka agar tidak jerjadi luapan air yang menyebabkan banjir,” kata Surat.

Ia juga mengimbau kepada warga sekitar lokasi bendungan supaya tidak mandi atau berenang tanpa sepengetahuan petugas OP setempat.Ahmad