GROBOGAN.NEWS Grobogan

1.532 Surat Suara untuk Pilkada Kabupaten Grobogan Dimusnahkan dengan Cara Dibakar

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo disaksikan Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan, Kasatpol PP Grobogan Nur Nawanta, Kepala Bakesbangpol Grobogan Daru Wisakti serta perwakilan Bawaslu Grobogan, Sakta Abaway Sakan dan Desi Ari Hartanta melakukan pemusnahan surat suara yang rusak dan kelebihan jumlah yang dibutuhkan dalam Pilkada Kabupaten Grobogan 2020. Foto : Istimewa

PURWODADI, GROBOGAN.NEWS-Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 tinggal menghitung hari. Masyarakat Indonesia di sejumlah daerah akan menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada yang akan diselenggarakan Rabu (9/12) mendatang.

Pilkada 2020 kali ini diselenggarakan untuk memilih kepala daerah di 270 daerah, dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Sementara di Jawa Tengah, Pilkada akan digelar di 21 kota/kabupaten, termasuk di Kabupaten Grobogan.

Sebelum pencoblosan, sesuai jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU), terdapat dua tahapan penting dalam Pilkada Serentak 2020, yakni kampanye dan masa tenang.

KPU menetapkan jadwal masa kampanye pada 26 September-5 Desember 2020. Sementara itu, masa tenang akan berlangsung 3 hari sebelum pencoblosan, yakni pada 6-8 Desember 2020.

Di Kabupaten Grobogan, pihak KPU Kabupaten Grobogan telah melaksanakan pemusnahan sebanyak 1.532 surat suara yang terbagi 766 buah yang rusak dan kelebihan surat surat suara 766 yang lebih dimusnahkan.

Baca Juga :  454 Calon PNS di Lingkungan Pemkab Grobogan Terima SK CPNS

Pemusnahan tersebut dilakukan di halaman Kantor KPU Grobogan, Senin (7/12) malam lalu.

Hadir dalam pemusnahan surat suara tersebut, Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan, Kasatpol PP Grobogan Nur Nawanta, Kepala Bakesbangpol Grobogan Daru Wisakti serta perwakilan Bawaslu Grobogan, Sakta Abaway Sakan dan Desi Ari Hartanta. Surat suara yang rusak maupun lebih ini dimusnahkan dengan cara dibakar.

“Hari ini kami melakukan pemusnahan surat suara yang rusak dan lebih. Masing-masing jumlahnya 766 buah. Total ada 1.532 surat suara yang dimusnahkan malam ini. Tadi disaksikan langsung Kapolres Grobogan, Kasatpol PP, perwakilan Bawaslu Grobogan dan juga Kepala Bakesbangpol Grobogan,” jelas Agung.

Agung menjelaskan, SS yang rusak rata-rata karena sobek, kotor karena tinta, serta warna pudar dan salah pemotongan.

Baca Juga :  Buronan Pelaku Ilegal Loging di Grobogan Tertangkap, Sempat Lari di Pulau Bali Jadi Buruh Bangunan

“Untuk SS yang rusak ini rata-rata sobek pada kertasnya. Kemudian, ada yang kotor karena tinta, warnanya pudar, serta ada yang salah pemotongannya,” jelas Agung.

Logistik Aman

Terkait dengan logistik, Agung menjelaskan, pergeseran logistik kotak suara dari gudang penyimpanan di Gedung Wisuda Budaya ke PPK berlangsung aman tanpa hambatan. Meski selama dua hari pengiriman ke tingkat kecamatan disertai cuaca hujan, namun kotak suara tetap aman.

“Pergeseran logistik kotak suara dari KPU ke PPK sudah selesai, berjalan lancar dan aman. Tidak ada kendala. Meskipun hujan, tetapi armada kami sudah dibekali dengan terpal yang aman sehingga kotak suara tetap safety,” jelas Agung.

Dikatakan Agung, seluruh KPPS sudah menyiapkan diri untuk setting TPS secara serentak pada Selasa (8/12/2020). Pengumuman dan pembagian surat undangan untuk pemilihan pada Rabu (9/12/2020), juga sudah disampaikan kepada masyarakat di masing-masing wilayahnya.

Baca Juga :  Ironis, Pelaku Pembuang Bayi di Hutan Ngaringan Sepasang Kekasih Berstatus Pelajar SMP

“Harapannya, segala sesuatunya bisa berjalan dengan baik, sesuai dengan tahapan. Kepada masyarakat, jangan lupa datang ke TPS pada Rabu (9/12/2020). Jangan takut ke TPS karena semua sudah disiapkan sesuai dengan protokol kesehatan,” pungkasnya. Arya Utama