GROBOGAN.NEWS Umum Pantura

Dispermardes Award 2020, Para Camat dan Pendamping Desa Raih Penghargaan

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Rembang Imam Maskur saat menyerahkan penghargaan Dispermasdes Award Kabupaten Rembang. Foto : Istimewa

REMBANG, GROBOGAN.NEWS-Pemerintah Kabupaten Rembang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) memberikan penghargaan kepada Camat, Pendamping Desa dan Kepala Desa yang terbaik dalam kinerjanya di tahun 2020 ini.

Penghargaan yang digelar di Aula Dinpermades itu mencakup tentang kinerja di dalam pengelolaan semua anggaran dan kegiatan pembangunan serta pemberdayaan.

Peraih juara 1 penghargaan yang diberi nama Dinpermades Award yakni Kecamatan Pancur, disusul Kecamatan Lasem di posisi kedua dan Sulang juara ke 3. Selanjutnya di peringkat ke 4 dan 5 terbaik masing- masing Kecamatan Gunem dan Kecamatan sarang.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Rembang Imam Maskur dalam kesempatan itu mengapresiasi adanya Dinpermades Award.

Ia berharap ke depan jika anggarannya mencukupi bisa ditingkatkan dengan pemberian penghargaan bagi desa agar lebih memotivasi lagi, karena dalam penyelenggaraan penghargaan perdana ini penerima penghargaan adalah pihak kecamatan.

“Pak Camat kerja tidak sendiri ada kasi, dibantu dengan pendamping dan juga dukungan dari seluruh desa yang di bawah ampuannya jenengan. Kalau desa-desanya rodo nglokro atau kurang cepat dalam pelaksanaan kegiatan yang ada di desa pasti tidak akan mendapatkan penghargaan ini, ” katanya.

Kepala Dinpermades Sulistiyono mengatakan penghargaan tersebut bertujuan memberikan apresiasi atas kerja keras dan kerjasama yang baik antara Camat, pendamping desa hingga paguyuban Kepala Desa dalam mensukseskan kegiatan yang ada di desa.

Sulistiyono menjelaskan sejumlah indikator penilaian diantaranya dalam penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes), penyusunan Rencana Kerja Pemeritahan Desa (RKPDes), dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

Dalam pelaksanaan dan penyerapan anggaran dari Dana Desa, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah, Bantuan Keuangan Provinsi, dan Bantuan Keuangan Kabupaten. Mana yang tercepat dan tertib itu yang dijadikan juara.

“Kalau 10 indikator ini yang tercepat dan tertib itu yang kita ambil. Dalam rangka memberikan semangat agar kecamatan dan desa di tahun yang akan datang berlomba untuk meningkatkan kinerjanya, ” ujarnya.

Semua pemenang penghargaan Dinpermades Award ini mendapatkan piagam. Selain itu bagi juara 1 dan 2 mendapatkan hadiah kulkas, juara ke 3 hadiah berupa speaker aktif, juara ke 4 sepeda dan ke 5 berupa printer. Krisna