GROBOGAN.NEWS Semarang

Yuliyanto Kembali Tegaskan Pentingnya Memperkuat Sinergitas dalam Membangun Hubungan Industrial

Wali Kota Yuliyanto saat membuka kegiatan Ngopi bareng Wali Kota bersama LKS Tripartit dan Dewan Pengupahan di Grand Wahid Salatiga, Selasa (17/11/2020). Foto : Istimewa

SALATIGA, GROBOGAN.NEWSPandemi virus corona atau covid-19  memang berdampak ke segala aspek kehidupan. Salah satu yang terkena dampak adalah ketenagakerjaan. Ada beberapa dampak yang paling menyorot terkait ketenagakerjaan.

Pertama, mengenai perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja. Hal ini penting mengingat protokol kesehatan saat ini mewajibkan setia orang untuk mencegah penyebaran virus Covid 19 dengan menjaga kebersihan salah satunya di lingkungan kerja.

Manajemen mesti memberi respek terhadap keberadaan dan fungsi serikat pekerja sebagai representasi dari para karyawan. Sebaliknya, serikat pekerja juga harus memberi respek kepada manajemen untuk mengelola kegiatan operasional perusahaan dan mengarahkan aktivitas karyawannya.

Baca Juga :  Program Normalisasi Sungai Diharapkan Segera Terealisasi

Kedua belah pihak mesti saling menerima dan mengakui perspektif hak dan kewajibannya sesuai dengan ketentuan peraturan ketenagakerjaan dan norma sosial yang berlaku serta dibakukan di dalam perjanjian kerja bersama ataupun peraturan perusahaan.

Lebih dari itu, antara pengusaha dan pekerja harus bersinergi dengan pemerintah.

Menurut Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, sinergi yang baik perlu dibangun antara pengusaha, pekerja dan pemerintah untuk menumbuhkan konsolidasi bersama dan berkelanjutan. Hal ini dilakukan agar tercipta hubungan industrial  yang baik.

Baca Juga :  Penerapan Prokes Butuh Kesadaran Diri

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Yuliyanto saat membuka  kegiatan Ngopi bareng Wali Kota bersama LKS Tripartit dan Dewan Pengupahan di Grand Wahid Salatiga, Selasa (17/11/2020)

Menurutnya komunikasi harus dikedepankan, sehingga aspirasi dari pekerja bisa langsung dikoordinasikan dan diselesaikan.

“Ana rembuk, pada dirembuk. Mari kita selalu kedepankan komunikasi dan duduk bersama. Agar segala masalah yang bisa timbul bisa diselesaikan secara bersama-sama dengan mufakat,” kata Yuliyanto.

Yuliyanto meminta agar kegiatan tersebut bisa terus dilakukan. Dirinya menambahkan agar tidak ada lagi sekat antara pemerintah, pengusaha,  dinas terkait, APINDO dan serikat pekerja.

Baca Juga :  Warga Diminta Tingkatkan Kewaspadaan Antisipasi Bencana Banjir Dan Tanah Longsor

“ Mereka bisa dekat, dengan adanya ruang komunikasi yang baik dan sewaktu-waktu bisa dilakukan dengan baik dan cepat,”jelasnya.

Lanjutnya, Orang nomor satu di Salatiga juga menginginkan kepada pelaku usaha dan pekerja untuk selalu mematuhi regulasi aturan yang ada.

“Jika ada aturan baru bagi pengusaha bisa ditaati bersama sedangkan untuk pekerja untuk segera mengkomunikasikan kebutuhan dan keluhan dengan baik, tidak perlu unjuk rasa dan diselesaikan dengan baik,” imbuh Yuliyanto. P Yoga